• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Experiential Learning Terintegrasi Media Teachmint Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    190210302019_SKRIPSI_SABTIYA PRATIWI.pdf (1.781Mb)
    Date
    2024-05-14
    Author
    PRATIWI, Sabtiya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Merdeka belajar menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pembelajaran aktif, kegiatan berbasis proyek, dan integrasi teknologi dalam pendidikan. Untuk mencapai pembelajaran abad 21 pendidik harus lebih kreatif dalam melakukan inovasi pembelajaran. Model Experiential Learning adalah model pembelajaran berdasarkan pengalaman. Pengalaman menjadi faktor utama dalam pembelajaran,peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam kegiatan belajar. Experiential Learning membantu peserta didik untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan keadaan nyata, sehingga peserta didik dapat memahami informasi yang di dapatkan. Model tersebut akan diintegrasikan dengan media Teachmint adalah penyedia infrastruktur pendidikan dan platform pengajaran terbesar di India. Penggunaan Teachmint dapat mendigitalisasikan kelas melalui teknologi ruang kelas yang telah disediakan. Teachmint memungkinkan pendidik untuk melakukan kelas online maupun tatap muka melalui solusi pembelajaran interaktif dua arah dengan berbagi video. Selain itu, teachmint juga menawarkan fitur-fitur seperti menandai kehadiran, melakukan tes, membuat ruang kelas dan proyek individu, dan berbagi materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh model Experiential Learning terintegrasi media Teachmint terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah? dan 2) Apakah terdapat pengaruh model Experiential Learning terintegrasi media Teachmint terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah?. Tujuan penelitian adalah untuk memverifikasi signifikan penerapan model Experiential Learning terintegrasi media Teachmint terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas X-A hingga X-K semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik sampel yang dipakai yakni simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t test berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh: (1) Uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -10,667 (df=35) dan nilai signifikansinya 0,000. Angka signifikansi menunjukkan nilai lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest motivasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model experiential learning terintegrasi media teachmint. (2) Uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -22,375 (df=35) dan nilai signifikansinya 0,000. Angka signifikansi menunjukkan nilai lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model experiential learning terintegrasi media teachmint. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh model Experiental Learning terintegrasi media Teachmint terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. (2) Terdapat pengaruh model Experiental Learning terintegrasi media Teachmint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Saran penelitian ini adalah ketika mengimplementasikan model Experiental Learning terintegrasi media Teachmint, pendidik diharapkan memperhatikan estimasi waktu dan peserta didik yang kurang antusias. Penelitian ini bisa dijadikan referensi atau dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi pengaruh model tersebut terhadap keterampilan lainnya yang didasarkan pada Lingkup Standar Kecakapan mata pelajaran sejarah kurikulum merdeka
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121096
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository