Show simple item record

dc.contributor.authorPRATIWI, Sabtiya
dc.date.accessioned2024-06-06T03:24:17Z
dc.date.available2024-06-06T03:24:17Z
dc.date.issued2024-05-14
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121096
dc.description.abstractMerdeka belajar menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pembelajaran aktif, kegiatan berbasis proyek, dan integrasi teknologi dalam pendidikan. Untuk mencapai pembelajaran abad 21 pendidik harus lebih kreatif dalam melakukan inovasi pembelajaran. Model Experiential Learning adalah model pembelajaran berdasarkan pengalaman. Pengalaman menjadi faktor utama dalam pembelajaran,peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam kegiatan belajar. Experiential Learning membantu peserta didik untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan keadaan nyata, sehingga peserta didik dapat memahami informasi yang di dapatkan. Model tersebut akan diintegrasikan dengan media Teachmint adalah penyedia infrastruktur pendidikan dan platform pengajaran terbesar di India. Penggunaan Teachmint dapat mendigitalisasikan kelas melalui teknologi ruang kelas yang telah disediakan. Teachmint memungkinkan pendidik untuk melakukan kelas online maupun tatap muka melalui solusi pembelajaran interaktif dua arah dengan berbagi video. Selain itu, teachmint juga menawarkan fitur-fitur seperti menandai kehadiran, melakukan tes, membuat ruang kelas dan proyek individu, dan berbagi materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh model Experiential Learning terintegrasi media Teachmint terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah? dan 2) Apakah terdapat pengaruh model Experiential Learning terintegrasi media Teachmint terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran sejarah?. Tujuan penelitian adalah untuk memverifikasi signifikan penerapan model Experiential Learning terintegrasi media Teachmint terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas X-A hingga X-K semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Teknik sampel yang dipakai yakni simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t test berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh: (1) Uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -10,667 (df=35) dan nilai signifikansinya 0,000. Angka signifikansi menunjukkan nilai lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest motivasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model experiential learning terintegrasi media teachmint. (2) Uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -22,375 (df=35) dan nilai signifikansinya 0,000. Angka signifikansi menunjukkan nilai lebih kecil daripada 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model experiential learning terintegrasi media teachmint. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh model Experiental Learning terintegrasi media Teachmint terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. (2) Terdapat pengaruh model Experiental Learning terintegrasi media Teachmint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Saran penelitian ini adalah ketika mengimplementasikan model Experiental Learning terintegrasi media Teachmint, pendidik diharapkan memperhatikan estimasi waktu dan peserta didik yang kurang antusias. Penelitian ini bisa dijadikan referensi atau dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi pengaruh model tersebut terhadap keterampilan lainnya yang didasarkan pada Lingkup Standar Kecakapan mata pelajaran sejarah kurikulum merdekaen_US
dc.description.sponsorshipDr. Sumardi, M.Hum Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectexperiential learningen_US
dc.subjectteachminten_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Experiential Learning Terintegrasi Media Teachmint Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 06en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record