• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Peluang

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI NURISSA.pdf (2.517Mb)
    Date
    2024-01-24
    Author
    PRAWANGSA, Nurissa Latiefany Fitrah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa pada Materi Peluang; Nurissa Latiefany Fitrah Prawangsa; 180210101022; 42 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajarn yang menarik dan membantu siswa agar lebih mudah dalam memahami materi khususnya materi peluang. Software yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Articulate Storyline 3. Hal ini berdasarkan pada kemudahan fitur yang disediakan oleh Articulate Storyline. Meskipun cukup mudah dalam pengoperasiannya, software ini mampu menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif serta dilengkapi dengan fitur quiz. Selain itu, media yang dikembangkan dapat dipublikasikan dalam berbagai format seperti html5 dan dapat diakses secara online maupun offline. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Materi peluang dipilih dalam penelitian ini karena materi tersebut merupakan salah satu materi yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari dan membutuhkan langkah pengerjaan yang sistematis, sehingga komponen literasi matematika dapat diuraikan dengan jelas pada setiap proses pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif serta mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Kevalidan media diperoleh dari hasil validasi oleh dua dosen Pendidikan Matematika dan satu guru matematika SMP Muhammadiyah 1 Jember. Kepraktisan media diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa. Keefektifan diperoleh dari hasil skor pretest dan postest, media pembelajaran dikatakan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa apabila telah memenuhi kriteria efektif minimal dalam kategori sedang. Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi peluang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dengan rincian sebagai berikut: a. Media pembelajaran dan instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, ditunjukan dengan nilai validasi sebesar 0,95. Artinya, media dan instrumen tes dapat dikategorikan sangat valid. b. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan, ditunjukkan dengan nilai presentase respon siswa 84,5%. Artinya, media pembelajaran bernilai praktis dalam kategori baik. c. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,57. Artinya, media pembelajaran bernilai efektif dalam kategori sedang. d. Media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan literasi matematika siswa, ditunjukkan dengan peningkatan skor tes yang memuat enam indikator literasi matematika sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Keenam indikator tersebut yaitu merumuskan (1) meningkat dari 2,23 menjadi 2,75; merumuskan (2) meningkat dari 1,94 menjadi 2,48; menggunakan (1) meningkat dari 1,89 menjadi 2,58; menggunkan (2) meningkat dari 1,91 menjadi 2,51; menafsirkan (1) meningkat dari 1,0 menjadi 1,98; dan menafsirkan (2) meningkat dari 1,58 menjadi 2,42.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121092
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository