dc.description.abstract | Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline
untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa pada Materi Peluang;
Nurissa Latiefany Fitrah Prawangsa; 180210101022; 42 halaman; Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajarn yang menarik dan membantu siswa agar lebih
mudah dalam memahami materi khususnya materi peluang. Software yang
digunakan dalam pengembangan ini adalah Articulate Storyline 3. Hal ini
berdasarkan pada kemudahan fitur yang disediakan oleh Articulate Storyline.
Meskipun cukup mudah dalam pengoperasiannya, software ini mampu
menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif serta dilengkapi
dengan fitur quiz. Selain itu, media yang dikembangkan dapat dipublikasikan
dalam berbagai format seperti html5 dan dapat diakses secara online maupun
offline. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model 4D
oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).
Materi peluang dipilih dalam penelitian ini karena materi tersebut
merupakan salah satu materi yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari
dan membutuhkan langkah pengerjaan yang sistematis, sehingga komponen
literasi matematika dapat diuraikan dengan jelas pada setiap proses
pengerjaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang
valid, praktis, dan efektif serta mampu meningkatkan kemampuan literasi
matematika siswa. Kevalidan media diperoleh dari hasil validasi oleh dua dosen
Pendidikan Matematika dan satu guru matematika SMP Muhammadiyah 1
Jember. Kepraktisan media diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa.
Keefektifan diperoleh dari hasil skor pretest dan postest, media pembelajaran
dikatakan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa apabila telah memenuhi kriteria efektif minimal dalam kategori sedang. Hasil
pengembangan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi
peluang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dengan rincian sebagai
berikut:
a. Media pembelajaran dan instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria
kevalidan, ditunjukan dengan nilai validasi sebesar 0,95. Artinya, media dan
instrumen tes dapat dikategorikan sangat valid.
b. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan,
ditunjukkan dengan nilai presentase respon siswa 84,5%. Artinya, media
pembelajaran bernilai praktis dalam kategori baik.
c. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan,
ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,57. Artinya, media
pembelajaran bernilai efektif dalam kategori sedang.
d. Media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan literasi
matematika siswa, ditunjukkan dengan peningkatan skor tes yang memuat
enam indikator literasi matematika sebelum dan sesudah menggunakan
media pembelajaran. Keenam indikator tersebut yaitu merumuskan (1)
meningkat dari 2,23 menjadi 2,75; merumuskan (2) meningkat dari 1,94
menjadi 2,48; menggunakan (1) meningkat dari 1,89 menjadi 2,58;
menggunkan (2) meningkat dari 1,91 menjadi 2,51; menafsirkan (1)
meningkat dari 1,0 menjadi 1,98; dan menafsirkan (2) meningkat dari 1,58
menjadi 2,42. | en_US |