• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Buku Teks Ekonomi Kelas XII SMA/MA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI RISKA KHOIRUN NISA 190210301084.pdf (3.879Mb)
    Date
    2024-03-06
    Author
    NISA, Riska Khoirun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk mampu bertahan dan menghadapi tantangan global. Keterampilan ini perlu ditekankan pada peserta didik dengan maksud untuk mempersiapkan diri menjadi individu yang berkualitas dan berdaya saing tinggi guna menghadapi tantangan global. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills), keterampilan berpikir kreatif (creative thinking skills), keterampilan komunikasi (communication skills) dan keterampilan kolaborasi (collaboration skills) atau yang biasa dikenal dengan keterampilan 4C. Keempat keterampilan tersebut penting diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya melalui sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi peserta didik. Salah satu sumber belajar yang sampai saat ini wajib digunakan adalah buku teks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif menekankan pada pendeskripsian dan penafsiran objek penelitian yang dalam hal ini adalah integrasi keterampilan abad 21 yang disajikan dalam bentuk angka. Data yang akan dianalisis dan dihasilkan berupa persentase indikator masing-masing keterampilan 4C yang termuat dalam komponen isi buku teks yang meliputi isi materi, tugas dan soal latihan yang ada pada buku teks. sumber data berupa buku teks Ekonomi kelas XII SMA/MA karangan Herlan Firmasyah dan Diana Nurdiasyah terbitan Grafindo Media Pratama tahun 2019 dan hasil wawancara bersama guru kelas XII SMAN Mumbulsari Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen dengan mencari informasi terkait keberadaan indikator keterampilan 4C yang ada pada komponen buku teks. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase. Data yang diperoleh berupa persentase perhitungan penilaian buku teks berdasarkan kriteria indikator keterampilan 4C yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan hasil perolehan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku teks Ekonomi kelas XII SMA/MA karangan Herlan Firmansyah dan Diana Nurdiansyah terbitan Grafindo Media Pratama tahun 2019 mengintegrasikan keterampilan abad 21 meliputi keterampilan komunikasi yang memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik, keterampilan kolaborasi yang memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik, keterampilan berpikir kreatif yang memperoleh persentase sebesar 83,5% dengan kriteria sangat baik dan keterampilan berpikir kritis yang memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria baik. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik dikarenakan semua indikator keterampilan komunikasi dan kolaborasi ditemukan dalam komponen buku teks, sedangkan keterampilan berpikir kritis memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria baik dikarenakan indikator keterampilan berpikir kritis yakni membuat solusi dan menyelesaikan masalah hanya ditemukan pada 1 bab materi Akuntansi Sebagai Sistem Informasi, sedangkan pada bab 2 sampai bab 6 materi yang dibahas terkait persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi yang mana tugas dan soal latihan yang ada pada bab tersebut berkaitan dengan pencatatan persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi, sehingga tidak ditemukan tugas dan soal latihan yang menunjang indikator membuat solusi dan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk membantu menunjang keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pihak sekolah juga dapat membantu dengan menyediakan sumber belajar yang lebih bervariasi yang dapat menunjang peserta didik untuk melatih keterampilan abad 21.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121085
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository