Show simple item record

dc.contributor.authorNISA, Riska Khoirun
dc.date.accessioned2024-06-06T02:48:20Z
dc.date.available2024-06-06T02:48:20Z
dc.date.issued2024-03-06
dc.identifier.nim190210301084en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121085
dc.description.abstractKeterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk mampu bertahan dan menghadapi tantangan global. Keterampilan ini perlu ditekankan pada peserta didik dengan maksud untuk mempersiapkan diri menjadi individu yang berkualitas dan berdaya saing tinggi guna menghadapi tantangan global. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills), keterampilan berpikir kreatif (creative thinking skills), keterampilan komunikasi (communication skills) dan keterampilan kolaborasi (collaboration skills) atau yang biasa dikenal dengan keterampilan 4C. Keempat keterampilan tersebut penting diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya melalui sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi peserta didik. Salah satu sumber belajar yang sampai saat ini wajib digunakan adalah buku teks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif menekankan pada pendeskripsian dan penafsiran objek penelitian yang dalam hal ini adalah integrasi keterampilan abad 21 yang disajikan dalam bentuk angka. Data yang akan dianalisis dan dihasilkan berupa persentase indikator masing-masing keterampilan 4C yang termuat dalam komponen isi buku teks yang meliputi isi materi, tugas dan soal latihan yang ada pada buku teks. sumber data berupa buku teks Ekonomi kelas XII SMA/MA karangan Herlan Firmasyah dan Diana Nurdiasyah terbitan Grafindo Media Pratama tahun 2019 dan hasil wawancara bersama guru kelas XII SMAN Mumbulsari Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen dengan mencari informasi terkait keberadaan indikator keterampilan 4C yang ada pada komponen buku teks. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase. Data yang diperoleh berupa persentase perhitungan penilaian buku teks berdasarkan kriteria indikator keterampilan 4C yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan hasil perolehan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku teks Ekonomi kelas XII SMA/MA karangan Herlan Firmansyah dan Diana Nurdiansyah terbitan Grafindo Media Pratama tahun 2019 mengintegrasikan keterampilan abad 21 meliputi keterampilan komunikasi yang memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik, keterampilan kolaborasi yang memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik, keterampilan berpikir kreatif yang memperoleh persentase sebesar 83,5% dengan kriteria sangat baik dan keterampilan berpikir kritis yang memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria baik. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik dikarenakan semua indikator keterampilan komunikasi dan kolaborasi ditemukan dalam komponen buku teks, sedangkan keterampilan berpikir kritis memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria baik dikarenakan indikator keterampilan berpikir kritis yakni membuat solusi dan menyelesaikan masalah hanya ditemukan pada 1 bab materi Akuntansi Sebagai Sistem Informasi, sedangkan pada bab 2 sampai bab 6 materi yang dibahas terkait persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi yang mana tugas dan soal latihan yang ada pada bab tersebut berkaitan dengan pencatatan persamaan dasar akuntansi dan siklus akuntansi, sehingga tidak ditemukan tugas dan soal latihan yang menunjang indikator membuat solusi dan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk membantu menunjang keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pihak sekolah juga dapat membantu dengan menyediakan sumber belajar yang lebih bervariasi yang dapat menunjang peserta didik untuk melatih keterampilan abad 21.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Pudjo Suharso, M.Si. Pembimbing Anggota Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Abad 21en_US
dc.subjectBuku Teks Ekonomien_US
dc.titleAnalisis Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Buku Teks Ekonomi Kelas XII SMA/MAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Pudjo Suhaso, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Juni 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 06en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record