Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Bantuan Aplikasi Khan Academy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA Kelas X
Abstract
Pembelajaran abad 21 mencakup kompetensi tertentu yang harus dikuasai
siswa, seperti kompetensi 4C (berpikir kritis dan pemecahan masalah,
berkomunikasi, berkolaborasi, serta kreatif dan inovatif). Kemampan pemecahan
masalah oleh siswa merupakan salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan
dan senatiasa ditinjau karena berkaitan dengan hasil belajar yang didapatkan siswa,
termasuk hasil belajar kognitif. Model pembelajaan memiliki pengaruh secara
langsung dengan berbagai hasil yang didapatkan ole siswa. Model pembelajaran
yang digunakan dalam penelitian ini yakni Flipped Classroom karena dapat
memberikan ruang luas kepada siswa untuk memahami materi secara mandiri
sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing dan membuat siswa memiliki
kesiapan yang lebih matang dalam menghadapi pembelajaran aktif di kelas.
Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom sangat cocok diterapkan pada
topik yang dianggap sulit oleh siswa, seperti topik Virus dan Peranannya.
Jenis penelitian yang digunakan yakni quasi experimental menggunakan 2
kelas, di mana 1 kelas bertindak sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas lainnya
bertindak sebagai kelompok eksperimen. Tempat yang digunakan untuk penelitian
ini yakni pada SMA Negeri 1 Kutorejo, Jalan Lapangan No. 2, Pulo, Kutorejo,
Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Waktu penelitian
dilaksanakan pada semester gasal Tahun Ajaran 2023/2024, tepatnya pada tanggal
7 September hingga 1 Desember 2023. Populasi pada penelitian ini yakni siswa
kelas X Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel 2 kelas dari 5 kelas X.
Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional
dan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Pemilihan kelas sebagai kelompok kontrol maupun eksperimen didasarkan pada uji
homogenitas tepatnya menggunakan nilai ulangan harian pada materi sebelumnya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil yang didapatkan dari penelitian untuk kemampuan pemecahan
masalah kelas kontrol menghasilkan rata-rata nilai antara lain indikator pertama
(memahami masalah) sebesar 82; indikator kedua (merencanakan penyelesaian)
sebesar 86; indikator ketiga (menjalankan rencana penyelesaian) sebesar 65; dan
indikator keempat (memeriksa kembali) sebesar 61. Sedangkan untuk kelas
eksperimen didapatkan nilai indikator pertama (memahami masalah) sebesar 83;
indikator kedua (merencanakan penyelesaian) sebesar 87; indikator ketiga
(menjalankan rencana penyelesaian) sebesar 91; dan indikator keempat (memeriksa
kembali) sebesar 75. Data yang didapatkan diuji dengan menggunakan uji
Independent Sample t-Test dan mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,028 pada
indikator 1 (memahami masalah); 0,028 pada indikator 2 (merencanakan
penyelesaian); 0,000 pada indikator 3 (menjalankan rencana penyelesaian); dan
0,001 pada indikator 4 (memeriksa kembali). Seluruh hasil pada variabel
kemampuan pemecahan masalah menunjukkan nilai <0,05 yang berarti antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan.
Selanjutnya yakni pada variabel hasil belajar kognitif didapatkan nilai ratarata kelas kontrol sebesar 35 untuk pre-test dan 50 untuk post-test. Sedangkan kelas
eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 40 untuk pre-test dan 77 untuk
post-test. Data yang didapatkan diuji dengan Analisis Kovarian (Anakova) dan
didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti bahwa hasil uji tersebut
<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang bermakna antara kelas kontrol dan eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model
pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan aplikasi Khan Academy terdadap
kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 1 Kutorejo. (2) Terdapat
pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan aplikasi Khan
Academy terdadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Kutorejo