Show simple item record

dc.contributor.authorQomara, Anggi Liztya
dc.date.accessioned2024-06-06T02:22:01Z
dc.date.available2024-06-06T02:22:01Z
dc.date.issued2024-03-28
dc.identifier.nim200210103029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121075
dc.description.abstractPembelajaran abad 21 mencakup kompetensi tertentu yang harus dikuasai siswa, seperti kompetensi 4C (berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi, berkolaborasi, serta kreatif dan inovatif). Kemampan pemecahan masalah oleh siswa merupakan salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan dan senatiasa ditinjau karena berkaitan dengan hasil belajar yang didapatkan siswa, termasuk hasil belajar kognitif. Model pembelajaan memiliki pengaruh secara langsung dengan berbagai hasil yang didapatkan ole siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yakni Flipped Classroom karena dapat memberikan ruang luas kepada siswa untuk memahami materi secara mandiri sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing dan membuat siswa memiliki kesiapan yang lebih matang dalam menghadapi pembelajaran aktif di kelas. Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom sangat cocok diterapkan pada topik yang dianggap sulit oleh siswa, seperti topik Virus dan Peranannya. Jenis penelitian yang digunakan yakni quasi experimental menggunakan 2 kelas, di mana 1 kelas bertindak sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas lainnya bertindak sebagai kelompok eksperimen. Tempat yang digunakan untuk penelitian ini yakni pada SMA Negeri 1 Kutorejo, Jalan Lapangan No. 2, Pulo, Kutorejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester gasal Tahun Ajaran 2023/2024, tepatnya pada tanggal 7 September hingga 1 Desember 2023. Populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas X Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel 2 kelas dari 5 kelas X. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Pemilihan kelas sebagai kelompok kontrol maupun eksperimen didasarkan pada uji homogenitas tepatnya menggunakan nilai ulangan harian pada materi sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol menghasilkan rata-rata nilai antara lain indikator pertama (memahami masalah) sebesar 82; indikator kedua (merencanakan penyelesaian) sebesar 86; indikator ketiga (menjalankan rencana penyelesaian) sebesar 65; dan indikator keempat (memeriksa kembali) sebesar 61. Sedangkan untuk kelas eksperimen didapatkan nilai indikator pertama (memahami masalah) sebesar 83; indikator kedua (merencanakan penyelesaian) sebesar 87; indikator ketiga (menjalankan rencana penyelesaian) sebesar 91; dan indikator keempat (memeriksa kembali) sebesar 75. Data yang didapatkan diuji dengan menggunakan uji Independent Sample t-Test dan mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,028 pada indikator 1 (memahami masalah); 0,028 pada indikator 2 (merencanakan penyelesaian); 0,000 pada indikator 3 (menjalankan rencana penyelesaian); dan 0,001 pada indikator 4 (memeriksa kembali). Seluruh hasil pada variabel kemampuan pemecahan masalah menunjukkan nilai <0,05 yang berarti antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Selanjutnya yakni pada variabel hasil belajar kognitif didapatkan nilai ratarata kelas kontrol sebesar 35 untuk pre-test dan 50 untuk post-test. Sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 40 untuk pre-test dan 77 untuk post-test. Data yang didapatkan diuji dengan Analisis Kovarian (Anakova) dan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti bahwa hasil uji tersebut <0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan aplikasi Khan Academy terdadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 1 Kutorejo. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan aplikasi Khan Academy terdadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Kutorejoen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr.Bea Hana S. S.Pd., M.Pd., MCE., CIQaR. Pembimbing Anggota Bevo Wahono, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Flipped Classroomen_US
dc.subjectAplikasi Khan Academyen_US
dc.subjectHasil Belajar Kognitfen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Bantuan Aplikasi Khan Academy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA Kelas Xen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Bea Hana S. S.Pd., M.Pd., MCE., CIQaRen_US
dc.identifier.pembimbing2Bevo Wahono, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 15 Mei 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 06en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record