dc.description.abstract | Sistem rantai pasok dan efisiensi pemasaran perlu diperhatikan dalam
suatu peternakan guna menciptakan produk yang berkualitas, pendistribusian
ternak domba dengan efisien, dan mewujudkan usaha peternakan yang
berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji rantai pasok dari segi
aliran produk, aliran keuangan, dan aliran informasi dan menganalisis efisiensi
pemasaran domba penggemukan di peternakan Raja Domba Indonesia. Lokasi
penelitian ditentukan sengaja (purposive) yakni di Raja Domba Indonesia
Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
dan analitik. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang bersumber
dari peternakan Raja Domba Indonesia. Teknik penentuan informan dalam
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan terdiri atas 6
orang yaitu pemilik peternakan, administrasi, divisi keuangan, divisi pengadaan
ternak, divisi penjualan, dan pembeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur
rantai pasok terdapat 3 jaringan dan mata rantai yang terlibat dalam rantai pasok
adalah peternak pembibitan, kelompok ternak, peternakan Raja Domba Indonesia,
peternak rakyat, konsumen akhir, katering, dan jagal. Nilai efisiensi pemasaran
pada jaringan 1 yaitu 9,5%, jaringan 2 yaitu 7,8%, dan jaringan 3 yaitu 7,7%.
Rantai pasok domba penggemukan di Raja Domba Indonesia terdiri dari 3 aliran
yaitu aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi yang telah terintegrasi
dengan baik. Efisiensi pemasaran di peternakan Raja Domba Indonesia termasuk
dalam katergori efisien karena berada di bawah 33%. | en_US |