Pengaruh Face to Face Selling, Catalogue Marketing, dan Online Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Dira Cafe and Pool Ambulu Jember)
Abstract
Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat menuntut pelaku usaha
harus menentukan strategi yang tepat agar dapat bertahan dalam persaingan pasar
atau kompetitor serta dapat melakukan pemenuhan kebutuhan konsumen yang
bervariasi. Adanya persaingan yang ketat pengusaha juga dituntut untuk terus
berinovasi dan mengoptimalkan strategi pemasaran sehingga dapat mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan
seberapa besar pengaruh face to face selling, catalogue marketing, dan online
marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di Dira Cafe and Pool Ambulu
Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun dalam pemilihan
sampel menggunakan accidental sampling dengan sampel sebanyak 97 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa face
to face selling, catalogue marketing and online marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Dira Cafe and Pool
Ambulu Jember. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda
didapatkan nilai dari variabel face to face selling sebesar (0.181), catalogue
marketing (0.340) dan online marketing (0.256). Untuk besaran nilai koefisien
determinasi atau R square sebesar 0.654 atau 65.4%, di mana variabel – varibel
tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 65.4% dan sisanya
34.6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Untuk itu dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian pada Dira Cafe
and Pool Ambulu Jember sebaiknya pelaku usaha dapat megoptimalkan strategi
pemasaran tersebut, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan staf dengan
mengadakan rekruitmen secara periodik dan penempatan pekerja sesuai dengan
kemampuan dan latar belakang pendidikan.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pemasaran Beras Organik di Kabupaten Bondowoso (Market Analysis of Organic Rice in Bondowoso)
Anggraini, Reinita Dwi Putri; Wibowo, Rudi; Rondhi, Muhammad (2019-03-25)Organic rice in Bondowoso is produced by organic rice farmer in Lombok Kulon Village, Wonosari Sub-district, Bondowoso Regency and is the only pilot area of organic rice farming in Bondowoso Regency that already has ... -
This research aimed to identify the implementation of service marketing mix by Aston Jember
Rakotoarisoa Mandaniaina Faniry, Edy Wahyudi, Yuslinda Dwi Handini; Rakotoarisoa Mandaniaina Faniry; Edy Wahyudi, Yuslinda Dwi Handini (UNEJ, 2015)This research aimed to identify the implementation of service marketing mix by Aston Jember Hotel & Conference Center. The research was conducted with descriptive approach with qualitative paradigm. Data were collected ... -
Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Membeli Melalui Kepercayaan Konsumen Swiwings Chicken Jember
JULIAN, Jatiwinoto (2018-12-04)Perkembangan industri elektronik di Indonesia berkembang setiap tahunnya seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak dari perkembangan tersebut perusahaan dituntut untuk merancang strategi jangka ...