• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis Diagram Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Scientific Explanation Siswa SMP/MTs pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi - Maulina Hasana_190210104032.pdf (2.530Mb)
    Date
    2023-06-27
    Author
    HASANA, Maulina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ialah ilmu yang berkaitan dengan fenomena alam yang faktual (factual), baik berupa kenyataan (reality) maupun kejadian (event) serta hubungan sebab-akibat (Wisudawati & Sulistyowati, 2014). Dalam pembelajaran IPA menekankan pengalaman secara langsung terhadap siswa agar dapat mengembangkan potensinya sehingga mereka mampu memahami alam sekitar. Hal tersebut dikarenakan dalam mempelajari IPA siswa bukan hanya dituntut untuk menguasai sekumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep atau prinsip saja, melainkan juga proses penemuan (Handayani & Jumadi, 2021). Menurut Erlina dkk (2016), salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran IPA yakni kemampuan scientific explanation.Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis question prompt scaffolding untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp melalui tahapan-tahapan yaitu: 1) preliminary research (studi pendahuluan), 2) prototyping phase (pengembangan atau pembuatan prototype), serta 3) assessment phase (penilaian). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket berupa lembar validasi dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menganalisis validasi LKPD yang dikembangkan, menganalisis kepraktisan LKPD yang dikembangkan, dan menganalisis keefektifan LKPD yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa. Analisis tersebut kemudian menghasilkan data berupa valid tidaknya LKPD yang dikembangkan, kepraktisan kegiatan pembelajaran dengan LKPD, dan eefektifan LKPD untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa. Adapun hasil penelitian ini terdiri dari: 1) persentase validasi LKPD sebesar 87,4% dan termasuk dalam kategori valid; 2) persentase kepraktisan LKPD sebesar 93,63% sehingga tergolong dalam kriteria sangat praktis dan artinya LKPD layak untuk diterapkan sebagai bahan ajar; 3) keefektifan LKPD diuji menggunakan rumus N-Gain dan diperoleh skor N-Gain 0,76 (tinggi) yang artinya LKPD berbasis diagram scaffolding dapat meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas LKPD berbasis diagram scaffolding pada materi sistem ekskresi manusia yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid, efektif dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Penggunaan LKPD dalam kegiatan pembelajaran IPA juga dapat meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP pada materi sistem ekskresi manusia.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120870
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository