Peran Moderasi Need For Uniqueness pada Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Mediasi Motivasi Wisatawan Desa Wisata Ranupani Lumajang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh daya tarik wisata terhadap
minat berkunjung ulang wisatawan Desa Wisata Ranupani Lumajang. Selain itu,
penelitian ini juga menguji peran moderasi need for uniqueness dan peran mediasi
motivasi wisatawan terhadap hubungan daya tarik wisata terhadap minat
berkunjung ulang. Penelitian ini merupakan explanatory research menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam
penelitian ini secara menyeluruh adalah semua wisatawan yang sedang berkunjung
ke Desa Wisata Ranupani Lumajang. Jumlah sampel sebanyak 180 orang dengan
teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling. Penelitian ini
menggunakan metode statistik inferensial structural equation modelling – partial
least square (SEM-PLS) yang menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi
3.3.9.
Hasil uji interaksi langsung menunjukkan daya tarik wisata berpengaruh
terhadap motivasi wisatawan, motivasi wisatawan berpengaruh terhadap minat
berkunjung ulang dan daya tarik wisata berpengaruh terhadap minat berkunjung
ulang. Selanjutnya pada hasil uji interaksi tidak langsung mengungkapkan bahwa
need for uniqueness mampu memoderasi hubungan daya tarik wisata berpengaruh
terhadap minat berkunjung ulang. Hasil uji mediasi menggunakan Sobel Test
memberikan bukti empiris bahwa variabel mediasi motivasi wisatawan mampu
memediasi sebagian (partial mediation) hubungan daya tarik wisata berpengaruh
terhadap minat berkunjung ulang
Collections
- MT-Management [539]