“Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Muhammadiyah 6 Genteng Banyuwangi
Abstract
uan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
Pembelajaran merupakan upaya untuk memberikan ilmu yang dapat
digunakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu ilmu yang harus
dikuasai dengan baik oleh peserta didik adalah matematika. Matematika memuat
materi bangun ruang yang perlu dikuasai dengan baik agar peserta didik dapat
mengidentifikasi bentuk dan ruang yang ada di sekitar mereka. Hasil belajar
matematika peserta didik masih belum optimal dikarenakan metode mengajar
yang kurang bervariasi dan bahan ajar yang kurang menarik. Salah satu bahan ajar
dapat digunakan dalam pembelajaran adalah LKPD. Namun, berdasarkan hasil
wawancara dan observasi, guru belum pernah mengembangkan LKPD untuk
menunjang pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan sudah disediakan sekolah
dengan materi yang sudah disajikan secara umum tanpa diikuti kegiatan belajar
yang membimbing peserta didik dalam menemukan sendiri pemahamannya dan
tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal-hal yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik perlu dikaitkan dalam
pembelajaran agar memudahkan dalam memahami materi. Salah satu metode
yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari peserta didik adalah
Realistic Mathematics Education (RME). Berdasarkan uraian permasalahan
tersebut maka perlu dikembangkan LKPD berbasis Realistic Mathematics
Education materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses
pengembangan LKPD berbasis RME; (2) bagaimana kevalidan, keefektifan dan
kepraktisan LKPD berbasis RME. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan
proses pengembangan LKPD berbasis RME; (2) mengetahui kevalidan keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasi RME. Desain penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model
penelitian Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 6
Genteng Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek
penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VA sebanyak 36 peserta
didik dan kelas VB sebanyak 36 peserta didik. Penentaun sampel dilakukan
berdasarkan uji homogentas menggunakan independent sample t-test, memperoleh
hasil 0,742 dan 1,994. Berdasarkan hasil tersebut 0,742 lebih kecil
dari 1,994 artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata antara kelas VA dan VB
sehingga sampel dinyatakan homogen. Penentuan sampel dilakukan menggunakan
undian dengan hasil kelas VA kelas eksperimen dan VB kelas kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, angket, dan
dokumentasi. Metode analisis data dilakukan uji validasi LKPD, uji validasi
intrumen tes, uji coba penggunaan, uji keefektifan dan uji kepraktisan LKPD.
Pengembangan LKPD berbasis RME dilakukan berdasarkan prosedur
penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang dibatasi hanya sampai
tahap 8 karena tujuan penelitian hanya sampai mengetahui kevalidan, keefektifan,
dan kepraktisan LKPD. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu (1) penelitian
pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan desain
produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba
penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan. Hasil
pengembangan LKPD menunjukkan hasil valid, efektif dan praktis. Hasil validasi
memperoleh skor 91 dikategorikan sangat layak. Produk LKPD dinyatakan efektif
selanjutnya dilakukan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui tingkat
keefektifan produk memperoleh skor 67,28% dikategorikan keefektifan tinggi,
sedangkan sisanya sebesar 32,72% dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Hasil uji kepraktisan melalui angket respon memperoleh skor 88% dikategorikan
sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD
berbasis Realistic Mathematics Education dinyatakan valid, efektif dan praktis
digunakan dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD.