Show simple item record

dc.contributor.authorMARDIYANTI, Selly Aprilia
dc.date.accessioned2024-06-03T07:41:59Z
dc.date.available2024-06-03T07:41:59Z
dc.date.issued2023-07-04
dc.identifier.nim190210204167en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120835
dc.description.abstractuan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Pembelajaran merupakan upaya untuk memberikan ilmu yang dapat digunakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu ilmu yang harus dikuasai dengan baik oleh peserta didik adalah matematika. Matematika memuat materi bangun ruang yang perlu dikuasai dengan baik agar peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk dan ruang yang ada di sekitar mereka. Hasil belajar matematika peserta didik masih belum optimal dikarenakan metode mengajar yang kurang bervariasi dan bahan ajar yang kurang menarik. Salah satu bahan ajar dapat digunakan dalam pembelajaran adalah LKPD. Namun, berdasarkan hasil wawancara dan observasi, guru belum pernah mengembangkan LKPD untuk menunjang pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan sudah disediakan sekolah dengan materi yang sudah disajikan secara umum tanpa diikuti kegiatan belajar yang membimbing peserta didik dalam menemukan sendiri pemahamannya dan tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik perlu dikaitkan dalam pembelajaran agar memudahkan dalam memahami materi. Salah satu metode yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari peserta didik adalah Realistic Mathematics Education (RME). Berdasarkan uraian permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pengembangan LKPD berbasis RME; (2) bagaimana kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis RME. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis RME; (2) mengetahui kevalidan keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasi RME. Desain penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model penelitian Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 6 Genteng Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VA sebanyak 36 peserta didik dan kelas VB sebanyak 36 peserta didik. Penentaun sampel dilakukan berdasarkan uji homogentas menggunakan independent sample t-test, memperoleh hasil 0,742 dan 1,994. Berdasarkan hasil tersebut 0,742 lebih kecil dari 1,994 artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata antara kelas VA dan VB sehingga sampel dinyatakan homogen. Penentuan sampel dilakukan menggunakan undian dengan hasil kelas VA kelas eksperimen dan VB kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan uji validasi LKPD, uji validasi intrumen tes, uji coba penggunaan, uji keefektifan dan uji kepraktisan LKPD. Pengembangan LKPD berbasis RME dilakukan berdasarkan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang dibatasi hanya sampai tahap 8 karena tujuan penelitian hanya sampai mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan. Hasil pengembangan LKPD menunjukkan hasil valid, efektif dan praktis. Hasil validasi memperoleh skor 91 dikategorikan sangat layak. Produk LKPD dinyatakan efektif selanjutnya dilakukan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui tingkat keefektifan produk memperoleh skor 67,28% dikategorikan keefektifan tinggi, sedangkan sisanya sebesar 32,72% dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Hasil uji kepraktisan melalui angket respon memperoleh skor 88% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education dinyatakan valid, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd Pembimbing Anggota Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan LKPDen_US
dc.subjectRealistic Mathematics Educationen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.title“Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Muhammadiyah 6 Genteng Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 17 Juli 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 03en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record