• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Lama Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSD Balung Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc (1).pdf (2.093Mb)
    Date
    2023-07-13
    Author
    WARDANI, Made Tresna Ardia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan menjelaskan bahwa target untuk kepuasan pasien rawat jalan adalah 76,6%, namun tidak terdapat standar yang mengatur tentang persentase kepuasan pasien. Waktu tunggu pasien rawat jalan adalah lama waktu yang diperlukan pasien ketika melakukan perawatan dimulai pada saat pasien melakukan pendaftaran hingga paien masuk ruangan poli untuk diperiksa oleh dokter. Standar dari lama waktu tunggu pasien rawat jalan ≤ 60 menit. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di RSD Balung Kabupaten Jember, sebanyak 70% pasien memiliki waktu tunggu >60 menit,. Untuk kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan rumah sakit, sebanyak 67% pasien merasa puas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSD Balung Kabupaten Jember Desain penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RSD Balung, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember pada bulan Maret hingga April 2023. Dengan jumlah sampel 95 pasien yang sedang menjalani rawat jalan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Peneliti mencari data mengenai rata rata jumlah kunjungan pasien per hari pada setiap poli, lalu melakukan pengacakan nomor menggunakan excel untuk mendapatkan responden secara acak pada setiap poli disesuaikan dengan jumlah responden yang dibutuhkan. Pada penelitian ini yang menjadi variabel terikat adalah kepuasan pasien dan waktu tunggu sebagai variabel bebas. Teknik pengambilan DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Pertanyaan dalam kuesioner berisi tentang waktu tunggu pasien rawat jalan dan 5 dimensi kepuasan pasien, diantaranya empati (emphaty), ketanggapan (responsiveness), keandalan (reliable), jaminan (assurance), tampilan fisik (tangibles). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar responden pasien rawat jalan di RSD Balung, memiliki waktu tunggu >60 menit (lebih dari standar) yaitu sebanyak 65 responden (68,4%). Untuk variabel kepuasan pasien didapatkan bahwa 42 responden (44,2%) yang merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan RSD Balung dan terdapat 53 responden (55,8%) yang merasa sangat puas. Rata rata skor kepuasan pasien yang diperoleh adalah 100 termasuk kategori cukup puas. Terdapat beberapa atribut yang dapat menjadi bahan evaluasi diantaranya, ruang tunggu yang kurang nyaman, toilet yang kurang bersih dan harum, belum tersedianya layanan pengaduan,dokter datang terlambat, loket dan poli yang buka tidak sesuai jadwal, petugas menunda pelaksanaan pelayanan, pasien yang menunggu > 60 menit, pasien dilayani lambat, dokter kurang akurat dalam memberikan diagnosa,pelayanan yang diberikan belum sesuai harapan, pasien merasa dibedakan dalam menerima pelayanan, pemberian obat pasien BPJS & umum dibedakan. Saran untuk permasalahan diatas adalah menambah jumlah kursi pada ruang tunggu, melakukan pemeriksaan toilet secara berkala, menyediakan layanan komplain secara offline maupun online, membuat website untuk pendaftaran online, menambah jumlah dokter pada poli rawat jalan, dan menambah jadwal operasi pada hari sabtu dan minggu.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120620
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2332]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Hubungan antara Lama Merawat Pasien Skizofrenia dengan Tingkat Depresi Pelaku Rawat Pasien pada Pasien Rawat Jalan Poli Psikiatri RS PTPN XI Djatiroto Lumajang 

      PUTRI, Diyang Shifa Arista (2019-04-15)
      Skizofrenia merupakan penyakit kronis yang berkaitan dengan beban kesehatan, sosial, dan keuangan yang signifikan dan berlangsung lama, tidak hanya untuk pasien itu sendiri tetapi juga untuk keluarga, pengasuh lainnya, ...
    • Pengaruh Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Pengaruh Jenis Kelamin Dan Pendapatan Pasien Sebagai Variabel Moderasi: Studi Pada Laboratorium Klinik Prosenda Kabupaten Banyuwangi 

      CAHYONO, Dodiek Dwi (2019)
      Laboratorium Klinik adalah salah satu dari pelayanan kesehatan yang berfokus pada penegakan diagnosa dan screening penyakit. Pola pengelolaan Laboratorium Klinik memandang aspek kualitas pelayanan sebagai hal primer yang ...
    • RASIONALITAS TERAPI ANTIDIABETIK ORAL DITINJAU DARI WASPADA EFEK SAMPING OBAT PADA PASIEN RASIONALITAS TERAPI ANTIDIABETIK ORAL DITINJAU DARI WASPADA EFEK SAMPING OBAT PADA PASIEN RASIONALITAS TERAPI ANTIDIABETIK ORAL DITINJAU DARI WASPADA EFEK SAMPING OBAT PADA PASIEN RAWAT INAP RSUD dr SOEBANDI JEMBER RAWAT INAP RSUD dr SOEBANDI JEMBER JULI-OKTOBER 2010 

      RESTI KUSUMANINGTYAS (2013-12-06)
      Diabetes Mellitus (DM) adalah kelompok penyakit metabolik kronik dengan karakteristik hiperlipidemia dan abnormalitas pada metabolisme karbohidrat, lemak, protein, disebabkan oleh efek defek sekresi insulin, sensitivitas ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository