Pengaruh Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Pengaruh Jenis Kelamin Dan Pendapatan Pasien Sebagai Variabel Moderasi: Studi Pada Laboratorium Klinik Prosenda Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Laboratorium Klinik adalah salah satu dari pelayanan kesehatan yang berfokus pada penegakan diagnosa dan screening penyakit. Pola pengelolaan Laboratorium Klinik memandang aspek kualitas pelayanan sebagai hal primer yang harus dipenuhi hingga menentukan tingkat kepuasan pasien yang mendorong loyalitas pasien. Pengukuran keberhasilan suatu perusahaan jasa pelayanan kesehatan, lebih banyak ditentukan oleh penilaian dan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan yang diberikan. Pada hubungan kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas terdapat variabel moderasi yang memnegaruhi ketiga hubungan tersebut.Laboratorium Klinik Prosenda di Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu pelayanan kesehatan di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki pasien rata-rata 24.390 selama periode 2012-November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas dan kepuasan pasien dan jenis kelamin serta pendapatan keluarga pasien sebagai variabel moderastor terhadap loyalitas Laboratorium Klinik Prosenda Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan confirmatory dengan jumlah sampel sebesar 130 pasien. Moderated Mediation Analysis digunakan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien pada tingkat pendapatan keluarga dan jenis kelamin pasien. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas yang dimana dimensi bukti fisik dan daya tangga memiliki korelasi tertinggi. Pada hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, hasil penelitian dengan menggunakan analisis moderated mediation menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan daya tanggap dan jaminan menjadi faktor penting. Jenis kelamin memodaratori pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dengan perempuan memiliki pengaruh yang lebih besar daripada laki-laki. Pada hubungan kepuasan pasien terhadap loyalitas, jenis kelamin tidak memiliki pengaruh. Pendapatan memoderatori pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien di Laboratorium Klinik Prosenda Kabupaten Banyuwangi.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Hubungan antara Lama Merawat Pasien Skizofrenia dengan Tingkat Depresi Pelaku Rawat Pasien pada Pasien Rawat Jalan Poli Psikiatri RS PTPN XI Djatiroto Lumajang
PUTRI, Diyang Shifa Arista (2019-04-15)Skizofrenia merupakan penyakit kronis yang berkaitan dengan beban kesehatan, sosial, dan keuangan yang signifikan dan berlangsung lama, tidak hanya untuk pasien itu sendiri tetapi juga untuk keluarga, pengasuh lainnya, ... -
RASIONALITAS TERAPI ANTIDIABETIK ORAL DITINJAU DARI WASPADA EFEK SAMPING OBAT PADA PASIEN RASIONALITAS TERAPI ANTIDIABETIK ORAL DITINJAU DARI WASPADA EFEK SAMPING OBAT PADA PASIEN RASIONALITAS TERAPI ANTIDIABETIK ORAL DITINJAU DARI WASPADA EFEK SAMPING OBAT PADA PASIEN RAWAT INAP RSUD dr SOEBANDI JEMBER RAWAT INAP RSUD dr SOEBANDI JEMBER JULI-OKTOBER 2010
RESTI KUSUMANINGTYAS (2013-12-06)Diabetes Mellitus (DM) adalah kelompok penyakit metabolik kronik dengan karakteristik hiperlipidemia dan abnormalitas pada metabolisme karbohidrat, lemak, protein, disebabkan oleh efek defek sekresi insulin, sensitivitas ... -
PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN PASIEN UNTUK DATANG KE RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS JEMBER (RSGM UNEJ) ANTARA PASIEN MAHASISWA DAN PASIEN UMUM
ASMARANI EKKI TAUBATI (2014-01-20)RSGM UNEJ sebagai RSGM pendidikan yang menyelenggarakan sarana pendidikan bagi tenaga kesehatan dan penelitian di bidang kesehatan gigi, memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat dan sebagai lahan ...