• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Jember Tema 8 Subtema 1 pada Siswa Kelas V SDN Klompangan 02

    Thumbnail
    View/Open
    Harosta Darul Hidayati (1.889Mb)
    Date
    2023-05-08
    Author
    HIDAYATI, Harosta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berlakunya kurikulum 2013 (K13) yang menerapkan tematik terpadu digunakan untuk mencapai tiga ranah untuk mengembangkan kompetensi siswa. ketiga ranah tersebut yaitu ranah pengetahuan (kognitif), ranah perilaku (afektif), dan ranah keterampilan (psikomotorik). Pengembangan kompetensi salah satunya menggunakan materi ajar. Pemerintah sudah menyediakan materi ajar yang dapat dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Namun, pada realitanya guru hanya memanfaatkan materi ajar yang sudah disediakan seperti buku tematik. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang memahami kondisi dan budaya lingkungan sekitarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, materi yang berbasis kearifan lokal diperlukan untuk memperkenalkan siswa mengenai lingkungan sekitarnya dan untuk mendukung pembelajaran supaya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan KD bisa tercapai optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan proses pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Jember tema 8 subtema 1 pada siswa kelas V SDN Klompangan 02 Jember, (2) bagaimanakah efektivitas dan kevalidan produk pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Jember tema 8 subtema 1 pada siswa kelas V SDN Klompangan 02 Jember? Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian pengembangan yaitu, (1) tahap potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) uji coba produk, (7) tahap revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) tahap revisi produk, dan (10) tahap produksi masal. Namun pada penelitian ini hanya sampai langkah kedelapan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA SDN Klompangan 02.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120490
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository