Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYATI, Harosta
dc.date.accessioned2024-05-12T22:16:06Z
dc.date.available2024-05-12T22:16:06Z
dc.date.issued2023-05-08
dc.identifier.nim180210204147en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120490
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 8 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerlakunya kurikulum 2013 (K13) yang menerapkan tematik terpadu digunakan untuk mencapai tiga ranah untuk mengembangkan kompetensi siswa. ketiga ranah tersebut yaitu ranah pengetahuan (kognitif), ranah perilaku (afektif), dan ranah keterampilan (psikomotorik). Pengembangan kompetensi salah satunya menggunakan materi ajar. Pemerintah sudah menyediakan materi ajar yang dapat dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Namun, pada realitanya guru hanya memanfaatkan materi ajar yang sudah disediakan seperti buku tematik. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang memahami kondisi dan budaya lingkungan sekitarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, materi yang berbasis kearifan lokal diperlukan untuk memperkenalkan siswa mengenai lingkungan sekitarnya dan untuk mendukung pembelajaran supaya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan KD bisa tercapai optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan proses pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Jember tema 8 subtema 1 pada siswa kelas V SDN Klompangan 02 Jember, (2) bagaimanakah efektivitas dan kevalidan produk pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Jember tema 8 subtema 1 pada siswa kelas V SDN Klompangan 02 Jember? Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian pengembangan yaitu, (1) tahap potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) uji coba produk, (7) tahap revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) tahap revisi produk, dan (10) tahap produksi masal. Namun pada penelitian ini hanya sampai langkah kedelapan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA SDN Klompangan 02.en_US
dc.description.sponsorship1. Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. 2. Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectBUKU AJARen_US
dc.titlePengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Jember Tema 8 Subtema 1 pada Siswa Kelas V SDN Klompangan 02en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARen_US
dc.identifier.pembimbing1CHUMI ZAHROUL FITRIYAH, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2FAJAR SURYA HUTAMA, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_27en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record