• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat dari Tengger Karya Wiratmoko sebagai Alternatif Materi Ajar Keterampilan Menyimak Kelas V Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    AFRILA RIZQI DHARMAYANTI_(190210204010).pdf (781.0Kb)
    Date
    2023-06-16
    Author
    DHARMAYANTI, Afrila Rizqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses penanaman karakter dapat diperoleh melalui satuan pendidikan. Pemerintah menerapkan penanaman karakter di satuan pendidikan melalui kurikulum 2013 dengan mengintegrasikan 18 nilai-nilai pendidikan karakter menurut Kementerian Pendidikan Nasional pada proses pembelajaran. Nilai pendidikan karakter tersebut diantaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Faktor penunjang pembentukan karakter juga dapat diperoleh melalui nilai dan budaya yang bersumber dari kearifan lokal. Proses pembentukan karakter berbasis kearifan lokal salah satunya dapat melalui cerita rakyat berjudul “Cerita Rakyat dari Tengger” karya Wiratmoko. Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dan kearifan lokal, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai alternatif materi ajar keterampilan menyimak khususnya untuk peserta didik kelas V SD. Berdasarkan pernyataan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter dan kearifan lokal yang terdapat dalam Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko serta pemanfaatannya sebagai alternatif materi ajar keterampilan menyimak kelas V SD? Rancangan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Cerita Rakyat dari Tengger meliputi: (1) religius; (2) jujur; (3) disiplin; (4) toleransi; (5) kreatif; (6) kerja keras; (7) demokratis; (8) rasa ingin tahu; (9) bersahabat/ komunikatif; (10) cinta damai; (11) peduli sosial; dan (12) tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter tersebut ditunjukkan melalui kata, kalimat, dialog, paragraf, peristiwa, dan tindakan yang terdapat pada Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko. Kearifan lokal yang terdapat dalam Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko meliputi bahasa, tradisi, keyakinan, nama suku, masyarakat suku Tengger, dan tempat peninggalan. Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko juga mengandung 6 dimensi kearifan lokal yang meliputi: (1) dimensi pengetahuan lokal; (2) nilai lokal; (3) keterampilan lokal; (4) sumber daya lokal; (5) pengambilan keputusan lokal; dan (6) solidaritas kelompok lokal. Dimensi kearifan lokal ditunjukkan melalui kata, kalimat, dialog, paragraf, peristiwa, dan tindakan pada Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko. Pemanfaatan Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko dapat dijadikan alternatif materi ajar Bahasa Indonesia berupa audio rekaman melalui kegiatan menyimak yang sesuai dengan KD 3.8 yaitu menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi. KD 4.8 menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi. Peserta didik dapat melakukan kegiatan menyimak intensif dengan cara mendengarkan audio rekaman yang berisikan tentang Cerita Rakyat dari Tengger dengan cermat. Saran dari penelitian ini adalah materi ajar menyimak melalui audio rekaman hanya berasal dari buku Cerita Rakyat dari Tengger karya Wiratmoko saja, sehingga peserta didik diharapkan dapat mempelajari kearifan lokal suku Tengger lainnya agar memiliki wawasan, pengetahuan, dan mampu mengambil nilai moral yang terkadung di dalamnya. Guru dapat memanfaatkan cerita rakyat dari daerah setempat sebagai materi ajar agar peserta didik mampu mengetahui kearifan lokal di lingkungan sekitarnya. Bagi peneliti lain disarankan dapat memanfaatkan kearifan lokal sekitar tempat tinggalnya menjadi bahan ajar atau media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120484
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository