• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Negeri 2 Jember dalam Menyelesaikan Soal HOTS Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self-regulated Learning

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Repository_Syafiqoh El Nabila.pdf (5.379Mb)
    Date
    2023-06-15
    Author
    NABILA, Syafiqoh El
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah matematika biasanya masih dalam bentuk abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan apabila tidak merepresentasikan dalam bentuk yang lebih sederhana berupa gambar, kata-kata, atau simbol matematika. Representasi matematis dapat digunakan untuk menyelesaikan soal HOTS. Salah satu hal yang mendukung kemampuan representasi matematis siswa adalah self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 2 Jember dalam menyelesaikan soal HOTS Barisan dan Deret Aritmetika ditinjau dari self-regulated learning. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 dari 36 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Jember yang dengan self-regulated learning rendah, sedang dan tinggi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kategori self-regulated learning tinggi memiliki kemampuan representasi matematis tinggi karena siswa mampu menunjukkan 3 (tiga) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Siswa pada kategori self-regulated learning tinggi mampu mengerjakan soal HOTS menganalisis dan mengevaluasi dengan benar. Siswa pada kategori self-regulated learning sedang memiliki kemampuan representasi matematis sedang karena hanya mampu menunjukkan 2 (dua) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual dan representasi verbal. Siswa pada kategori self-regulated learning sedang mampu menyelesaikan soal HOTS menganalisis dan mengevaluasi dengan benar. Siswa pada kategori self-regulated learning rendah memiliki kemampuan representasi matematis rendah karena hanya bisa menunjukkan 1 (satu) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi verbal. Siswa pada kategori self-regulated learning rendah mampu mengerjakan soal HOTS menganalisis benar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120418
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository