Show simple item record

dc.contributor.authorNABILA, Syafiqoh El
dc.date.accessioned2024-04-30T04:46:36Z
dc.date.available2024-04-30T04:46:36Z
dc.date.issued2023-06-15
dc.identifier.nim190210101036en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120418
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 April 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractMasalah matematika biasanya masih dalam bentuk abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan apabila tidak merepresentasikan dalam bentuk yang lebih sederhana berupa gambar, kata-kata, atau simbol matematika. Representasi matematis dapat digunakan untuk menyelesaikan soal HOTS. Salah satu hal yang mendukung kemampuan representasi matematis siswa adalah self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 2 Jember dalam menyelesaikan soal HOTS Barisan dan Deret Aritmetika ditinjau dari self-regulated learning. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 dari 36 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Jember yang dengan self-regulated learning rendah, sedang dan tinggi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kategori self-regulated learning tinggi memiliki kemampuan representasi matematis tinggi karena siswa mampu menunjukkan 3 (tiga) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Siswa pada kategori self-regulated learning tinggi mampu mengerjakan soal HOTS menganalisis dan mengevaluasi dengan benar. Siswa pada kategori self-regulated learning sedang memiliki kemampuan representasi matematis sedang karena hanya mampu menunjukkan 2 (dua) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual dan representasi verbal. Siswa pada kategori self-regulated learning sedang mampu menyelesaikan soal HOTS menganalisis dan mengevaluasi dengan benar. Siswa pada kategori self-regulated learning rendah memiliki kemampuan representasi matematis rendah karena hanya bisa menunjukkan 1 (satu) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi verbal. Siswa pada kategori self-regulated learning rendah mampu mengerjakan soal HOTS menganalisis benar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISen_US
dc.subjectHOTSen_US
dc.subjectSELF-REGULATED LEARNINGen_US
dc.titleKemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Negeri 2 Jember dalam Menyelesaikan Soal HOTS Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self-regulated Learningen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama M., S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_20en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record