• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tanggung Jawab Hukum Pelaku Usaha Terhadap Penjualan Barang dan/Atau Jasa dengan Sistem Promosi

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY SKRIPSI ANGGIE DIARATIH_170710101193.pdf (1.551Mb)
    Date
    2023-06-06
    Author
    DIARATIH, Anggi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Promosi menjadi salah satu metode untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha dan telah terbukti dengan minat beli masyarakat yang menjadi meningkat. Terjadi beberapa kasus yang merugikan konsumen dalam penjualan barang dan/atau jasa dengan sistem promosi yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Sehingga diperlukannya tanggung jawab dari pelaku usaha untuk menciptakan kenyamanan bagi konsumen. Dicantumkan undang-undang yang mengatur tentang promosi penjualan barang dan/atau jasa memiliki tujuan agar terciptanya rasa keamanan dan kenyamanan baik bagi pelaku usaha maupun konsumen dalam melakukan transaksi jual beli. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah tipe penelitian yuridis normatif yang berfokus pada penerapan norma dan kaidah yang ada dalam hukum positif. Hasil penelitian atas pembahasan skripsi ini yaitu, pertama, peraturan pengaturan penjualan barang dan/atau jasa dengan promosi adalah ketentuan yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 8 ayat (1) huruf f, Pasal 10 huruf d, dan Pasal 13 huruf ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kedua, tanggung jawab hukum pelaku usaha terhadap penjualan yang dilakukan dengan promosi yang merugikan kepentingan konsumen diatur pada Pasal 4 huruf h dan Pasal 7 huruf g Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan Pelaku usaha dinilai melakukan wanprestasi, dikarenakan konsumen menerima barang yang tidak sesuai dengan seperti yang diperjanjikan. Ketiga, upaya penyelesaian sengketa terhadap kerugian konsumen akibat transaksi yang didasari adanya promosi barang dan/atau jasa berdasarkan Pasal 45 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat melalui 2 (dua) cara, yakni melalui jalur luar pengadilan (non litigasi) dan jalur pengadilan (litigasi).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120293
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6331]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository