Pengaruh Penggunaan Flashcard Digital terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Mrawan 04 Kabupaten Jember
Abstract
Aspek bahasa merupakan salah satu aspek yang harus dituntaskan dalam
dunia pendidikan. Kenyataannya, aspek bahasa kurang diperhatikan khususnya
dalam kemampuan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penggunaan flashcard digital terhadap kemampuan
membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Mrawan 04. Metode penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pra Eksperimen (Pra Experimental
Research) menerapkan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Hasil yang
ditemukan bahwa terdapat ada pengaruh penggunaan media flashcard digital
terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Mrawan 04. Maka
dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata skor penilaian kemampuan membaca
permulaan sebelum dan sesudah diberikan treatment penggunaan flashcard
digital. Hal utama meningkatnya kemampuan membaca awal karena sajian
pembelajaran dengan menggunakan media flashcard berbasis digital dapat
menarik semangat anak untuk belajar.