• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Febrina Alamanda_200210104127_Skripsi.pdf (1.371Mb)
    Date
    2024-03-08
    Author
    ALAMANDA, Febrina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling area yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Jember semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian utama berupa tes yang diberikan saat pretest dan posttest guna mengukur keterampilan berpikir kreatif di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah soal yang diberikan sebanyak 4 butir soal uraian yang disesuaikan dengan indikator berpikir kreatif. Data penelitian pendukung yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Selanjutnya dilakukan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 59,38 dengan peningkatan rata-rata nilai posttest 88,91 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 53,79 dengan peningkatan rata-rata nilai posttest sebesar 83,31. Kemudian data nilai pretest dan posttest dilakukan uji normalitas memperoleh nilai signifikansi ˃ 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Selanjutnya data dilakukan uji homogenitas memperoleh nilai signifikansi ˃ 0,05 yang menunjukkan data bersifat homogen. Data selanjutnya dianalisis dengan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,011 yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t-pihak kanan diperoleh nilai bahwa thitung ˃ ttabel (2,609 ˃ 1,669) yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima bahwa perbandingannya terjadi nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbasis Engineering Design Process berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120160
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository