Show simple item record

dc.contributor.authorALAMANDA, Febrina
dc.date.accessioned2024-03-25T01:25:31Z
dc.date.available2024-03-25T01:25:31Z
dc.date.issued2024-03-08
dc.identifier.nim200210104127en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120160
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling area yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Jember semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian utama berupa tes yang diberikan saat pretest dan posttest guna mengukur keterampilan berpikir kreatif di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah soal yang diberikan sebanyak 4 butir soal uraian yang disesuaikan dengan indikator berpikir kreatif. Data penelitian pendukung yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Selanjutnya dilakukan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 59,38 dengan peningkatan rata-rata nilai posttest 88,91 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 53,79 dengan peningkatan rata-rata nilai posttest sebesar 83,31. Kemudian data nilai pretest dan posttest dilakukan uji normalitas memperoleh nilai signifikansi ˃ 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Selanjutnya data dilakukan uji homogenitas memperoleh nilai signifikansi ˃ 0,05 yang menunjukkan data bersifat homogen. Data selanjutnya dianalisis dengan uji Independent Sample T-test dan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,011 yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t-pihak kanan diperoleh nilai bahwa thitung ˃ ttabel (2,609 ˃ 1,669) yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima bahwa perbandingannya terjadi nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbasis Engineering Design Process berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectcreative thinking skillsen_US
dc.subjectEngineering Design Processen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record