• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Disposisi Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan pada Pembelajaran Fisika

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (694.4Kb)
    Date
    2024-03-13
    Author
    LIILIYINA, Muna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman. Tempat pelaksanaan dalam penelitian ini yaitu di Sekolah Al-Hasan Panti dan Sekolah Al-Qodiri Jember. Jenjang pendidikan yang diambil sebagai responden yaitu peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan pada kelas X. Penelitian ini menggunakan angket dan pedoman observasi sebagai instumen dan dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan 3 prosedur diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan 3 validator untuk uji validasi ahli, menggunakan Skala Likert untuk menghitung hasil data yang diperoleh dan menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui uji validitasnya. Hasil dari uji validasi ahli diperoleh nilai rtaa-rata total seluruh aspek angket yaitu 4,37 dimana hasil tersebut masuk dalam kategori valid dengan keterangan layak digunakan tanpa revisi. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa dari 26 pernyataan terdapat 21 pernyataan dinyatakan valid dan 5 pernyataan dinyatakan tidak valid. Data tersebut diperoleh dari banyaknya responden yaitu 37 peserta didik. Peserta didik dari SMK Al-Hasan Panti yaitu 21 dan dari SMK Al-Qodiri Jember sebanyak 16 peserta didik. Hasil dari perhitungan Skala Likert dengan menggunakan 5 rincian jawaban yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hasan Panti memiliki hasil index dengan persentase 30,77% jawaban sangat setuju, 53,85% jawaban setuju, dan 15,38% jawaban ragu-ragu. Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember memiliki hasil index dengan persentase 42,31% jawaban sangat setuju, 42,31% jawaban setuju, dan 15,38% jawaban ragu-ragu. Pedoman observasi yang diberikan kepada pendidik untuk menilai sikap peserta didik memperoleh hasil bahwa sikap yang dinilai dalam kriteria baik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan disposisi berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan pada pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hasan Panti dan Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember memiliki index yang termasuk dalam kategori tinggi dan faktor yang mempengaruhi disposisi berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan pada pembelajaran fisika adalah kurangnya arahan dan latihan dalam mengasah keterampilan disposisi berpikir kritis peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120148
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository