Show simple item record

dc.contributor.authorLIILIYINA, Muna
dc.date.accessioned2024-03-18T04:36:50Z
dc.date.available2024-03-18T04:36:50Z
dc.date.issued2024-03-13
dc.identifier.nim170210102079en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120148
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman. Tempat pelaksanaan dalam penelitian ini yaitu di Sekolah Al-Hasan Panti dan Sekolah Al-Qodiri Jember. Jenjang pendidikan yang diambil sebagai responden yaitu peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan pada kelas X. Penelitian ini menggunakan angket dan pedoman observasi sebagai instumen dan dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan 3 prosedur diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan 3 validator untuk uji validasi ahli, menggunakan Skala Likert untuk menghitung hasil data yang diperoleh dan menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui uji validitasnya. Hasil dari uji validasi ahli diperoleh nilai rtaa-rata total seluruh aspek angket yaitu 4,37 dimana hasil tersebut masuk dalam kategori valid dengan keterangan layak digunakan tanpa revisi. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa dari 26 pernyataan terdapat 21 pernyataan dinyatakan valid dan 5 pernyataan dinyatakan tidak valid. Data tersebut diperoleh dari banyaknya responden yaitu 37 peserta didik. Peserta didik dari SMK Al-Hasan Panti yaitu 21 dan dari SMK Al-Qodiri Jember sebanyak 16 peserta didik. Hasil dari perhitungan Skala Likert dengan menggunakan 5 rincian jawaban yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hasan Panti memiliki hasil index dengan persentase 30,77% jawaban sangat setuju, 53,85% jawaban setuju, dan 15,38% jawaban ragu-ragu. Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember memiliki hasil index dengan persentase 42,31% jawaban sangat setuju, 42,31% jawaban setuju, dan 15,38% jawaban ragu-ragu. Pedoman observasi yang diberikan kepada pendidik untuk menilai sikap peserta didik memperoleh hasil bahwa sikap yang dinilai dalam kriteria baik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan disposisi berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan pada pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hasan Panti dan Sekolah Menengah Kejuruan Al-Qodiri Jember memiliki index yang termasuk dalam kategori tinggi dan faktor yang mempengaruhi disposisi berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan pada pembelajaran fisika adalah kurangnya arahan dan latihan dalam mengasah keterampilan disposisi berpikir kritis peserta didik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.titleAnalisis Disposisi Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan pada Pembelajaran Fisikaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes., M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Firdha Ayu Kusuma Anggraeni, S.Si., M.Si., M.C.Een_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record