Implementasi Metode Tabulasi Pada Rangkaian Listrik 2 Loop Guna Meningkatkan Hasil Tes dan Respon Siswa
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif
dengan metode eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4
Probolinggo, Kota Probolinggo pada tahun ajaran 2023/2024 yang menggunakan
dua kelas yakni kelas XII-F dan kelas XII-H dengan total peserta didik sebanyak
64. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yakni dengan menggunakan data
utama (pre-test, post-test, angket respon siswa) dan data pendukung (observasi,
wawancara, dokumentasi). Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji
N-Gain berbantuan SPSS 23 dan Microsoft Excel, sedangkan respon siswa
dianalisis menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian ini memperoleh nilai N-Gain dari data pretest-posttest
sebesar 0,89 yang berkategori tinggi, sedangkan total persentase rata-rata respon
siswa sebesar 89,79% berkategori sangat positif. Hal tersebut disebabkkan karena
metode tabulasi mempunyai langkah penyelesaian yang sederhana, mudah
dipahami, efisien waktu, dan perhitungan matematisnya tidak rumit.
Kesimpulan hasil penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil tes
peserta didik SMA pada penggunaan metode tabulasi untuk menyelesaikan
persoalan rangkaian listrik tertutup 2 loop, sedangkan respon siswa terhadap
penggunaan metode tabulasi yakni merespon sangat positif