Evaluasi Strategi Bisnis dan Teknologi Informasi Menggunakan Strategic Alignment Maturity Model di Universitas Jember
Abstract
Kajian ini menyajikan evaluasi keselarasan antara strategi bisnis dan teknologi informasi dalam konteks pembelajaran online di Universitas Jember, dengan memanfaatkan Strategic Alignment Maturity Model (SAMM). Melalui survei dan wawancara, data dikumpulkan dari pemangku kepentingan utama yang terlibat dalam pembelajaran daring, dan dianalisis menggunakan dimensi dan indikator SAMM. Temuan menunjukkan bahwa keselarasan antara strategi bisnis dan teknologi informasi dalam pembelajaran daring di Universitas Jember telah mencapai tingkat kematangan 4, menunjukkan tingkat keselarasan yang tinggi. Perencanaan strategis menunjukkan tujuan yang jelas selaras dengan inisiatif teknologi, sedangkan infrastruktur teknologi menunjukkan kemampuan yang kuat untuk mendukung pembelajaran online. Manajemen sumber daya manusia menunjukkan pelatihan dan dukungan yang efektif, dan pendekatan pedagogis memamerkan metodologi pengajaran online yang inovatif dan menarik. Hasil ini memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan keselarasan dan efektivitas inisiatif pembelajaran online, berfungsi sebagai dasar untuk perbaikan lebih lanjut dalam mengintegrasikan strategi bisnis dan penerapan teknologi informasi.