dc.contributor.author | NOVALIANTO, Cahyo | |
dc.date.accessioned | 2024-03-03T13:57:20Z | |
dc.date.available | 2024-03-03T13:57:20Z | |
dc.date.issued | 2023-06-20 | |
dc.identifier.nim | 162410101078 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120067 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 21 Januari 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Mobile JKN adalah inovasi dari aspek teknologi dari BPJS yang
diharapkan dapat membantu pesertanya untuk mengakses informasi layanan
kesehatan, memeriksa kepesertaan serta mempermudah proses klaim biaya
pengobatan. Seiring berjalannya waktu sebuah sistem perlu dilakukan evaluasi
untuk mengetahui apakah aplikasi yang diciptakan berhasil sesuai dengan apa
yang menjadi tujuan diciptakannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif survei yang merupakan metode survey yang digunakan untuk
mendapatkan data tentang pendapat, perilaku, keyakinan untuk menguji beberapa
hipotesis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap
aplikasi mobile JKN di Kabupaten Jember dengan menggunakan metode PostStudy System Usability Questionnaire (PSSUQ). Versi awal dari PSSUQ hanya
mencakup empat karakteristik kegunaan, sehingga versi kedua kemudian dibuat
dengan menambahkan satu item tambahan. Sehingga pertanyaa pada metode versi
kedua PSSUQ menjadi 19 butir. Versi ke 3 dari metode PSSUQ yang kemudian
diungkapkan oleh R. Lewis, James pada tahun 2012 memangkas 3 butir
pertanyaan yang dianggap kurang relevan sehingga PSSUQ versi ini menjadi 16
butir indikator pertanyaan yang dibagi ke dalam empat Subskala (Subscale). Hasil
dari perhitungan Metode PSSUQ perlu dilakukan peningkatan dari segi System
Quality agar Mobile JKN dapat lebih diandalkan kinerjanya serta memudahkan
pengguna dalam pelayanan kesehatan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | PSSUQ | en_US |
dc.subject | MOBILE JKN | en_US |
dc.subject | EVALUASTI USABILITY | en_US |
dc.title | Evaluasi Usabilitas Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN dengan Metode Post-Study System Usability Questionnaire Studi Kasus : Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Windi Eka Yulia Retnani | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Beny Prasetyo | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_oktober_2023_10 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |