Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelas V SDN 1 Kedunggebang Banyuwangi
Abstract
Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang
merupakan suatu penelitian dengan bertujuan untuk memperbaiki kekurangan
dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tahapan
tahapan penelitian PTK dengan tahapan pendahuluan, siklus 1 dan siklus 2.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kedunggebang Banyuwangi. Subyek
yang terdapat dalam penelitian ini yakni kelas V dengan jumlah 17 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, peningkatan aktivitas belajar
siswa dari pendahuluan, siklus I, hingga siklus II mengalami peningkatan menjadi
lebih baik. Kriteria sangat aktif mengalami peningkatan dari 0% pada pendahuluan,
0% pada siklus I menjadi 17,6% pada siklus II, terjadi peningkatan sebanyak 17,6%.
Kriteria aktif pada pendahuluan hanya 0%, pada siklus I naik menjadi 29,4% dan
pada siklus II naik lagi hingga mencapai 64,7%, terjadi peningkatan dari
pendahuluan ke siklus I sebesar 29,4% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II
sebesar 35,3%. Selain itu rata-rata hasil belajar pada pendahuluan adalah sebesar
67, siklus I mendapatkan rataan skor 66,6 dan pada siklus II mendapatkan rataan
skor 77. Hasil belajar pendahuluan dan siklus I tidak berbeda jauh bahkan
cenderung mengalami sedikit penurunan yaitu sebesar 0,4. Hasil berbeda
ditunjukkan pada rataan hasil belajar siklus I ke Siklus II yang mengalami
peningkatan dengan cukup baik sebanyak 10,4. Jika dikategorikan pada tabel
kriteria hasil belajar maka hasil belajar pendahuluan dan siklus I dengan rata-rata
skor masing-masing 67 dan 66,6 termasuk pada kategori hasil belajar cukup baik,
sedangkan hasil belajar siklus II dengan rata-rata skor 77 termasuk pada kategori
hasil belajar yang baik.
Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya, dapat disimpulkan
penerapan model PjBL berbantuan video pada kelas V tema 2 “Udara bersih bagi
kesehatan” subtema 2 “Pentingnya udara bersih bagi pernapasan” dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kedunggebang.
Saran yang dapat diberikan yaitu bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat menjadi
alternatif solusi untuk membentuk pembelajaran yang interaktif. Bagi siswa,
diharapkan dapat lebih mengasah kemampuannya dalam mempelajari materi
pembelajaran khususnya materi pernafasan dan berusaha mamanfaatkan berbagai
menambah media untuk belajar dan berperan aktif dalam pembelajaran. Bagi
peneliti lain, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peneiti
tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek