Show simple item record

dc.contributor.authorTYAS, Dyah Wijianing
dc.date.accessioned2024-02-27T08:04:19Z
dc.date.available2024-02-27T08:04:19Z
dc.date.issued2024-01-17
dc.identifier.nim180210204254en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119995
dc.description.abstractJenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan suatu penelitian dengan bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tahapan tahapan penelitian PTK dengan tahapan pendahuluan, siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kedunggebang Banyuwangi. Subyek yang terdapat dalam penelitian ini yakni kelas V dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, peningkatan aktivitas belajar siswa dari pendahuluan, siklus I, hingga siklus II mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Kriteria sangat aktif mengalami peningkatan dari 0% pada pendahuluan, 0% pada siklus I menjadi 17,6% pada siklus II, terjadi peningkatan sebanyak 17,6%. Kriteria aktif pada pendahuluan hanya 0%, pada siklus I naik menjadi 29,4% dan pada siklus II naik lagi hingga mencapai 64,7%, terjadi peningkatan dari pendahuluan ke siklus I sebesar 29,4% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,3%. Selain itu rata-rata hasil belajar pada pendahuluan adalah sebesar 67, siklus I mendapatkan rataan skor 66,6 dan pada siklus II mendapatkan rataan skor 77. Hasil belajar pendahuluan dan siklus I tidak berbeda jauh bahkan cenderung mengalami sedikit penurunan yaitu sebesar 0,4. Hasil berbeda ditunjukkan pada rataan hasil belajar siklus I ke Siklus II yang mengalami peningkatan dengan cukup baik sebanyak 10,4. Jika dikategorikan pada tabel kriteria hasil belajar maka hasil belajar pendahuluan dan siklus I dengan rata-rata skor masing-masing 67 dan 66,6 termasuk pada kategori hasil belajar cukup baik, sedangkan hasil belajar siklus II dengan rata-rata skor 77 termasuk pada kategori hasil belajar yang baik. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya, dapat disimpulkan penerapan model PjBL berbantuan video pada kelas V tema 2 “Udara bersih bagi kesehatan” subtema 2 “Pentingnya udara bersih bagi pernapasan” dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kedunggebang. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk membentuk pembelajaran yang interaktif. Bagi siswa, diharapkan dapat lebih mengasah kemampuannya dalam mempelajari materi pembelajaran khususnya materi pernafasan dan berusaha mamanfaatkan berbagai menambah media untuk belajar dan berperan aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peneiti tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyeken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelas V SDN 1 Kedunggebang Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record