Pengembangan Buku Ajar IPA Interaktif Berbasis Ijen Geopark untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP
Abstract
Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah bertujuan untuk
mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia pada siswa guna
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ironisnya, di era digital saat ini,
sekolah-sekolah di Indonesia masih jauh dari memanfaatkan teknologi sebagai
sarana untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Langkah
penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad ke-21 yaitu
dengan mengintegrasikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) ke dalam
kurikulum. Pengembangan buku ajar IPA interaktif dapat menjadi solusi efektif
untuk mendukung guru dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS)
dalam pembelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan validitas buku ajar IPA
interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills
(HOTS) siswa SMP; (2) Mendeskripsikan kepraktisan buku ajar IPA interaktif
berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS)
siswa SMP; (3) Mendeskripsikan efektivitas buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen
Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP.
Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE (Analysis (analisis), Design (desain), Development (develop),
Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi)). Penggunaan metode
ADDIE dalam pengembangan buku ajar ini agar proses pengembangannya
terstruktur dan sistematis. Tempat yang digunakan untuk melaksanakan uji
pengembangan dalam penelitian ini yaitu berada di SMP Negeri 4 Bondowoso pada
materi kalor dan perpindahannya kelas VII. Waktu pelaksanaan penelitian ini
dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, angket validasi, lembar
keterlaksanaan, soal pretest dan posttest, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektivan.
Hasil penelitian pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) diketahui melalui
rekapitulasi kevalidan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark pada materi
kalor dan perpindahannya termasuk kriteria sangat valid, dengan skor kevalidan
sebesar 94.50%. Sehingga, buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark layak
digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Selanjutnya rekapitulasi kepraktisan buku
ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark pada materi kalor dan perpindahannya
termasuk kriteria sangat praktis dengan hasil presentase kepraktisan sebesar
91.20%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar IPA interaktif berbasis
Ijen Geopark di kelas VII C, SMPN 4 Bondowoso sangat praktis. Dan rekapitulasi
keefktifan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan
Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP dinyatakan efektif. Keefektifan
tersebut dibuktikan dengan hasil paired sample t-test sig 0.00 < 0.05. Sehingga
dapat disimpulkan penggunaan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark
dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP pada materi
kalor dan perpindahannya.