Show simple item record

dc.contributor.authorREVANZA, Praditya Tri
dc.date.accessioned2024-02-05T03:39:35Z
dc.date.available2024-02-05T03:39:35Z
dc.date.issued2024-01-11
dc.identifier.nim200210104043en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119847
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Februari_2024_5 Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Februari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia pada siswa guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ironisnya, di era digital saat ini, sekolah-sekolah di Indonesia masih jauh dari memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Langkah penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad ke-21 yaitu dengan mengintegrasikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) ke dalam kurikulum. Pengembangan buku ajar IPA interaktif dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung guru dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan validitas buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP; (2) Mendeskripsikan kepraktisan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP; (3) Mendeskripsikan efektivitas buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis (analisis), Design (desain), Development (develop), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi)). Penggunaan metode ADDIE dalam pengembangan buku ajar ini agar proses pengembangannya terstruktur dan sistematis. Tempat yang digunakan untuk melaksanakan uji pengembangan dalam penelitian ini yaitu berada di SMP Negeri 4 Bondowoso pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket validasi, lembar keterlaksanaan, soal pretest dan posttest, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektivan. Hasil penelitian pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) diketahui melalui rekapitulasi kevalidan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark pada materi kalor dan perpindahannya termasuk kriteria sangat valid, dengan skor kevalidan sebesar 94.50%. Sehingga, buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Selanjutnya rekapitulasi kepraktisan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark pada materi kalor dan perpindahannya termasuk kriteria sangat praktis dengan hasil presentase kepraktisan sebesar 91.20%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark di kelas VII C, SMPN 4 Bondowoso sangat praktis. Dan rekapitulasi keefktifan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP dinyatakan efektif. Keefektifan tersebut dibuktikan dengan hasil paired sample t-test sig 0.00 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP pada materi kalor dan perpindahannya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.E. Dosen Pembimbing anggota : Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectIjen Geoparken_US
dc.subjectVirtual Laboratoryen_US
dc.subjectKemampuan Berpikiren_US
dc.subjectBuku Ajaren_US
dc.titlePengembangan Buku Ajar IPA Interaktif Berbasis Ijen Geopark untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Februari_2024_5en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record