• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Religiositas dan Penilaian Etis Pada Pembelian Produk Makanan atau Minuman Kemasan di Toko Ritel Kab. Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Skripsi Septia Jayu Amalia.pdf (1.061Mb)
    Date
    2024-01-18
    Author
    AMALIA, Septia Jayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di kabupaten Bondowoso saat menjelang lebaran Idul Fitri 2023 dilakukan sidak pada beberapa toko ritel. Ditemukan produk makanan atau minuman kemasan yang tidak layak dijual, seperti tidak adanya tanggal kedaluwarsa, tidak terdapat izin edar, mengandung zat berbahaya seperti boraks, dan sudah kedaluwarsa tetapi tetap dijual. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh signifikan dari religiositas dan penilaian etis terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk makanan atau minuman kemasan di toko ritel Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berbasis eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Bondowoso yang pernah melakukan pembelian di toko ritel, dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Jenis data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05. Kemudian, untuk variabel penilaian etis juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua variabel independen yaitu religiositas dan penilaian etis juga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk makanan atau minuman kemasan di toko ritel Bondowoso. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 24,0%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119836
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12433]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository