Pengaruh Religiositas dan Penilaian Etis Pada Pembelian Produk Makanan atau Minuman Kemasan di Toko Ritel Kab. Bondowoso
Abstract
Di kabupaten Bondowoso saat menjelang lebaran Idul Fitri 2023 dilakukan sidak pada beberapa toko ritel. Ditemukan produk makanan atau minuman kemasan yang tidak layak dijual, seperti tidak adanya tanggal kedaluwarsa, tidak terdapat izin edar, mengandung zat berbahaya seperti boraks, dan sudah kedaluwarsa tetapi tetap dijual. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh signifikan dari religiositas dan penilaian etis terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk makanan atau minuman kemasan di toko ritel Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berbasis eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Bondowoso yang pernah melakukan pembelian di toko ritel, dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Jenis data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05. Kemudian, untuk variabel penilaian etis juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua variabel independen yaitu religiositas dan penilaian etis juga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk makanan atau minuman kemasan di toko ritel Bondowoso. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 24,0%.