Show simple item record

dc.contributor.authorAMALIA, Septia Jayu
dc.date.accessioned2024-02-02T07:02:30Z
dc.date.available2024-02-02T07:02:30Z
dc.date.issued2024-01-18
dc.identifier.nim200810102042en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119836
dc.description.abstractDi kabupaten Bondowoso saat menjelang lebaran Idul Fitri 2023 dilakukan sidak pada beberapa toko ritel. Ditemukan produk makanan atau minuman kemasan yang tidak layak dijual, seperti tidak adanya tanggal kedaluwarsa, tidak terdapat izin edar, mengandung zat berbahaya seperti boraks, dan sudah kedaluwarsa tetapi tetap dijual. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh signifikan dari religiositas dan penilaian etis terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk makanan atau minuman kemasan di toko ritel Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berbasis eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Bondowoso yang pernah melakukan pembelian di toko ritel, dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Jenis data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiositas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05. Kemudian, untuk variabel penilaian etis juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua variabel independen yaitu religiositas dan penilaian etis juga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk makanan atau minuman kemasan di toko ritel Bondowoso. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 24,0%.en_US
dc.description.sponsorshipN. Ari Subagio, S.E., M.Si. Umi Cholifah, S.H.I., M.H.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectReligiositasen_US
dc.subjectPenilaian Etisen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.titlePengaruh Religiositas dan Penilaian Etis Pada Pembelian Produk Makanan atau Minuman Kemasan di Toko Ritel Kab. Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiEkonomi Syariahen_US
dc.identifier.pembimbing1N. Ari Subagio, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Umi Cholifah, S.H.I., M.Hen_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record