Pengaruh Harga dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rei Outdoor Gear di Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian produk Rei Outdoor Gear di Jember. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harga, Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Jenis penelitian ini bersifat explanatory research.. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berdasarkan penyebaran kuesioner. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan, pada bulan Agustus hingga Oktober 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rei Outdoor Gear cabang Jember. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non probability sampling pendekatan purposive sampling. Penentuan besarnya sampel menurut Ferdinan (2014), membutuhkan paling sedikit 5 dan paling banyak 10 kali jumlah indikator. Pada penelitian ini memiliki 10 indikator. Jadi, jumlah sampel pada penelitian ini adalah: jumlah indikator x 10 = 10 indikator x (10) = 100 responden.
Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hipotesis yang digunakan yaitu uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, Word of Mouth berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, serta harga dan Word of Mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada produk Rei Outdoor Gear di Jember.