• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mamikos Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction dan Importance Performance Analysis

    Thumbnail
    View/Open
    Anne Raihan - Tugas Akhir Watermark.pdf (715.7Kb)
    Date
    2024-01-08
    Author
    FACHRANIE, Anne Raihan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan transaksi digital di era teknologi tinggi menjadi salah satu faktor berkembangnya beragam aplikasi dengan tujuan mempermudah kehidupan manusia. Aplikasi mobile Mamikos merupakan perwujudan dari misi membantu masyarakat mempermudah proses mencari dan menyewa kos sesuai kebutuhan. Aplikasi mobile Mamikos dapat digunakan di hampir seluruh wilayah Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Jember yang merupakan daerah berkembang dalam aspek ekonomi, pendidikan, infrastruktur, dan lain-lain. Penelitian awal pada pengguna aplikasi mobile Mamikos di Kabupaten Jember menemukan temuan bahwa pengguna merasakan beberapa kendala seperti kurangnya informasi, pemilik kos yang kurang sigap, serta informasi yang tidak diperbarui. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi mobile Mamikos di daerah Kabupaten Jember menggunakan metod End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian mendapatkan hasil akumulasi tingkat kepuasan pengguna mencapai 96% namun hasil analysis gap menunjukkan 11 dari 12 instrumen masih bernilai negatif, diartikan bahwa aplikasi masih belum memenuhi kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil pemetaan diagram kartesius IPA, ada 1 instrumen yang masuk dalam kuadran 1 yaitu instrumen C2 variabel content. Dari hasil kolaborasi antar 2 metode, disimpulkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna maka aspek yang dapat ditingkatkan adalah aspek pemenuhan kebutuhan informasi. Pengembangan yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan standar minimal informasi yang harus diberikan saat pemilik kos mendaftarkan kamar kos untuk dipasarkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119798
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1025]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository