• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Teori Bruner Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V di SDN Sumberejo 1 Pandaan

    Thumbnail
    View/Open
    Repository ROSA ANGGITA.pdf (3.435Mb)
    Date
    2023-11-10
    Author
    SARI, Rosa Anggita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika yang dilakukan di SDN Sumberejo 1 Pandaan memiliki permasalahan dengan pemahaman siswa terhadap materi pecahan di kelas V, selain itu siswa juga merasa bahwa pembelajaran yang dilakukan terkesan sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan teori Brunner dengan bantuan media video pembelajaran agar mendapatkan hasil yang lebih efisien dalam pembelajaran materi pecahan. Rumusan masalah yang dibahas adalah apakah ada pengaruh penerapan teori Bruner berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V SDN Sumberejo 1 Pandaan. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori Bruner berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V di SDN Sumberejo 1 Pandaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan pola Quasi Eksperimental Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi oleh validator sebelum digunakan dan melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan uji t diketahui jika t₀ > t tabel (3,68 > 2,02) maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tes ER kelas eksperimen sebesar 34,82%. 65,18% disebabkan oleh faktor lain yaitu faktor eksternal dan faktor internal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119730
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository