Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Rosa Anggita
dc.date.accessioned2024-01-30T08:20:50Z
dc.date.available2024-01-30T08:20:50Z
dc.date.issued2023-11-10
dc.identifier.nim170210204081en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119730
dc.description.abstractPembelajaran matematika yang dilakukan di SDN Sumberejo 1 Pandaan memiliki permasalahan dengan pemahaman siswa terhadap materi pecahan di kelas V, selain itu siswa juga merasa bahwa pembelajaran yang dilakukan terkesan sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan teori Brunner dengan bantuan media video pembelajaran agar mendapatkan hasil yang lebih efisien dalam pembelajaran materi pecahan. Rumusan masalah yang dibahas adalah apakah ada pengaruh penerapan teori Bruner berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V SDN Sumberejo 1 Pandaan. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori Bruner berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V di SDN Sumberejo 1 Pandaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan pola Quasi Eksperimental Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi oleh validator sebelum digunakan dan melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan uji t diketahui jika t₀ > t tabel (3,68 > 2,02) maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tes ER kelas eksperimen sebesar 34,82%. 65,18% disebabkan oleh faktor lain yaitu faktor eksternal dan faktor internal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBruneren_US
dc.subjectLearning Videosen_US
dc.subjectFractionsen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Teori Bruner Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V di SDN Sumberejo 1 Pandaanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr.M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record