dc.contributor.author | SARI, Rosa Anggita | |
dc.date.accessioned | 2024-01-30T08:20:50Z | |
dc.date.available | 2024-01-30T08:20:50Z | |
dc.date.issued | 2023-11-10 | |
dc.identifier.nim | 170210204081 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119730 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran matematika yang dilakukan di SDN Sumberejo 1 Pandaan memiliki permasalahan dengan pemahaman siswa terhadap materi pecahan di kelas V, selain itu siswa juga merasa bahwa pembelajaran yang dilakukan terkesan sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan teori Brunner dengan bantuan media video pembelajaran agar mendapatkan hasil yang lebih efisien dalam pembelajaran materi pecahan. Rumusan masalah yang dibahas adalah apakah ada pengaruh penerapan teori Bruner berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V SDN Sumberejo 1 Pandaan. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori Bruner berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V di SDN Sumberejo 1 Pandaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan pola Quasi Eksperimental Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi oleh validator sebelum digunakan dan melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan uji t diketahui jika t₀ > t tabel (3,68 > 2,02) maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tes ER kelas eksperimen sebesar 34,82%. 65,18% disebabkan oleh faktor lain yaitu faktor eksternal dan faktor internal. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Bruner | en_US |
dc.subject | Learning Videos | en_US |
dc.subject | Fractions | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Teori Bruner Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V di SDN Sumberejo 1 Pandaan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr.M. Sulthon, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |