• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Tokopedia di Kabupaten Banyuwangi)

    Thumbnail
    View/Open
    Pradityo Genang P. 190910202106.pdf (3.052Mb)
    Date
    2023-12-28
    Author
    PAMBUDI, Pradityo Genang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan internet menjadikan tren bisnis e-commerce berkembang secara pesat. Meluasnya penggunaaan internet juga telah merubah perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka dengan berbelanja online sehingga hal ini menjadi peluang yang tepat bagi e-commerce. Melalui layanannya e-commerce harus menjamin kepuasan pelanggan dengan menjaga kualitas layanan elektronik dan memberikan nilai pada layanannya. Kualitas layanan elektronik merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena berkaitan langsung dengan pengalaman pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Selain itu, nilai yang dipersepsikan oleh pelanggan setelah membandingkan biaya dengan manfaat yang diterima saat menggunakan layanan juga berperan penting dalam membentuk kepuasan pelanggan. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang teknologi khususnya e-commerce. Dengan menghadirkan layanan platform jual beli online, Tokopedia mampu bersaing secara global dan secara data tergolong unggul dalam memberikan layanan jual beli online pada platformnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan perceived value terhadap kepuasan pelanggan Tokopedia di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kategori explanatory research untuk mengetahui hubungan kausal sebab akibat antara variabel e-service quality, perceived value dan kepuasan pelanggan melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan populasi penelitian adalah pengguna Tokopedia yang berdomisili di Kabupaten Banyuwangi. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dan sampel didapat melalui jumlah indikator yang digunakan yaitu 10 dikalikan 10 sehingga didapat sebanyak yakni 100 responden. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, e-service quality dan perceived value secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119700
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5744]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository