Pengembangan Media Spelling Book untuk Mengenalkan Fonik A-Z Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Al Baitul Amien Jember
Abstract
Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran mengenal fonik A-Z, seperti kita ketahui kegiatan mengenalkan huruf pada anak usia dini merupakan kegiatan yang dirasa sulit bagi sebagian besar siswa anak usia dini, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas sebagai pendidik dalam pembelajaran, agar siswa usia dini dapat dengan mudah mengenal huruf. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Media telah divalidasi oleh ahli media dan ahli praktisi, serta diujicobakan pada siswa usia 3 – 4 tahun di KB Al Baitul Amien Jember. Efektivitas media menggunakan metode eksperimen eksternal yaitu kelas Umar Bin Abdul Aziz sebagai kelas kontrol dengan produk lama dan kelas Abu Bakar Ash – Shiddiq sebagai kelas eksperimen dengan produk baru. Hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa nilai 't' empiris lebih besar dari nilai t tabel yaitu 26,392>1,713 sehingga dapat disimpulkan bahwa produk baru lebih baik dibandingkan produk lama.