• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Role Playing terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 4 - 5 Tahun di RA Insan Mubarok Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Dandi Rahma Fajar Harianti, 180210201070.pdf (2.433Mb)
    Date
    2024-01-05
    Author
    Harianto, Dandi Rahma Fajar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan pada anak usia dini berperan penting dalam menentukan perkembangan anak untuk masa selanjutnya yaitu golden age atau usia emas. Perkembangan sosial emosional menjadi salah satu perkembangan yang penting untuk dikembangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana penerapan metode role playing terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini 4 – 5 tahun di RA Insan Mubarok Banyuwangi. Adapun tujuan penelitian yakni mendeskripsikan penerapan metode role playing terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini 4 – 5 tahun di RA Insan Mubarok Banyuwangi. Manfaat penelitian secara teoritis bermanfaat untuk mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui metode role playing dan menfaat praktis bermanfaat bagi guru agar dapat menggunakan metode role playing sebagai alternatif metode pembelajaran untuk mengembangkan sosial emosional anak serta bagi peneliti lain, agar dapat digunakan sebagai alternatif referensi. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yakni deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di RA Insan Mubarok, desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive area. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/hasil data. Sedangkan pada penelitian ini pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yakni metode role playing yang diterapkan di RA Insan Mubarok Banyuwangi, berperan baik terkait komunikasi dan empati anak usia dini. Hal tersebut dikarenakan dengan bermain peran sambil belajar dapat membuat anak merasa senang dan tidak merasa jenuh ketika di dalam kelas, yang awalnya anak malu serta diam setelah mengikuti kegiatan bermain peran mereka menjadi lebih berani ketika diminta maju di depan teman yang lain, dengan begitu komunikasi anak akan semakin semakin lancar dengan mengikuti bermain peran yang dimana anak untuk menyebutkan nama hewan dan mengikuti suara hewan tersebut. Selain itu, empati anak dapat terbentuk secara perlahan dimana awalnya mereka saling berebutan gambar namun saat diberitahu oleh pendidik untuk mengambil satu saja, anak mau mengikutinya. Perkembangan sosial emosional anak usia dini, pendidik dapat memberikan suatu pengertian terhadap anak terkait masih belum lancar mengikuti arahan secara verbal, dengan begitu anak atau kelompok yang sudah mendapat gambar dapat maju untuk menyebutkan nama hewan dan memperagakannya, dengan arahan yang diberikan dari pendidik anak akan menjadi lebih mudah mengerti untuk mengikuti arahan bermain peran. Hal itu juga dengan bermain peran tanpa pengawasan mampu melatih sikap kemandirian pada anak agar tidak bergantung kepada pendidik atau teman lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan metode role playing dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, juga dapat mengembangan sosial emosional anak usia dini, dimana anak dapat mengikuti arahan dari pendidik ketika bermain peran dan merasa lebih percaya diri, berani, lancar berkomunikasi, bekerjasama, saling tolong menolong, dan mau berbagi dengan teman yang lain, adapun menunggu giliran bermain tanpa pengaswasan juga sangat bagus buat melatih kemandiriannya. Saran dari penelitian ini yaitu metode role playing dapat dikembangkan menjadi suatu inovasi pembelajaran bagi anak usia dini, untuk membantu mengkembangan komunkasi, empati dan sosial emosionalnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119599
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository