Show simple item record

dc.contributor.authorHarianto, Dandi Rahma Fajar
dc.date.accessioned2024-01-23T06:44:46Z
dc.date.available2024-01-23T06:44:46Z
dc.date.issued2024-01-05
dc.identifier.nim180210201070en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119599
dc.description.abstractPendidikan pada anak usia dini berperan penting dalam menentukan perkembangan anak untuk masa selanjutnya yaitu golden age atau usia emas. Perkembangan sosial emosional menjadi salah satu perkembangan yang penting untuk dikembangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana penerapan metode role playing terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini 4 – 5 tahun di RA Insan Mubarok Banyuwangi. Adapun tujuan penelitian yakni mendeskripsikan penerapan metode role playing terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini 4 – 5 tahun di RA Insan Mubarok Banyuwangi. Manfaat penelitian secara teoritis bermanfaat untuk mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui metode role playing dan menfaat praktis bermanfaat bagi guru agar dapat menggunakan metode role playing sebagai alternatif metode pembelajaran untuk mengembangkan sosial emosional anak serta bagi peneliti lain, agar dapat digunakan sebagai alternatif referensi. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yakni deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di RA Insan Mubarok, desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive area. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/hasil data. Sedangkan pada penelitian ini pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yakni metode role playing yang diterapkan di RA Insan Mubarok Banyuwangi, berperan baik terkait komunikasi dan empati anak usia dini. Hal tersebut dikarenakan dengan bermain peran sambil belajar dapat membuat anak merasa senang dan tidak merasa jenuh ketika di dalam kelas, yang awalnya anak malu serta diam setelah mengikuti kegiatan bermain peran mereka menjadi lebih berani ketika diminta maju di depan teman yang lain, dengan begitu komunikasi anak akan semakin semakin lancar dengan mengikuti bermain peran yang dimana anak untuk menyebutkan nama hewan dan mengikuti suara hewan tersebut. Selain itu, empati anak dapat terbentuk secara perlahan dimana awalnya mereka saling berebutan gambar namun saat diberitahu oleh pendidik untuk mengambil satu saja, anak mau mengikutinya. Perkembangan sosial emosional anak usia dini, pendidik dapat memberikan suatu pengertian terhadap anak terkait masih belum lancar mengikuti arahan secara verbal, dengan begitu anak atau kelompok yang sudah mendapat gambar dapat maju untuk menyebutkan nama hewan dan memperagakannya, dengan arahan yang diberikan dari pendidik anak akan menjadi lebih mudah mengerti untuk mengikuti arahan bermain peran. Hal itu juga dengan bermain peran tanpa pengawasan mampu melatih sikap kemandirian pada anak agar tidak bergantung kepada pendidik atau teman lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan metode role playing dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, juga dapat mengembangan sosial emosional anak usia dini, dimana anak dapat mengikuti arahan dari pendidik ketika bermain peran dan merasa lebih percaya diri, berani, lancar berkomunikasi, bekerjasama, saling tolong menolong, dan mau berbagi dengan teman yang lain, adapun menunggu giliran bermain tanpa pengaswasan juga sangat bagus buat melatih kemandiriannya. Saran dari penelitian ini yaitu metode role playing dapat dikembangkan menjadi suatu inovasi pembelajaran bagi anak usia dini, untuk membantu mengkembangan komunkasi, empati dan sosial emosionalnya.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Niswatul Imsiyah, M.Pd. Pembimbing Anggota Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectSosial Emosionalen_US
dc.subjectAnak Usia 4-5 Tahunen_US
dc.titlePenerapan Metode Role Playing terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 4 - 5 Tahun di RA Insan Mubarok Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Niswatul Imsiya, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 23 Januari 2024en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record