Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Scarlett Whitening
Abstract
Perkembangan bisnis yang selalu muncul seiring dengan kemajuan teknologi, kemudahan akses informasi dan adanya media sosial mendorong para pengusaha untuk menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen Scarlett Whitening dengan sampel sebanyak 120 responden. Dalam pendistribusian kuesioner menggunakan skala likert dan diproses menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan bahwa kolaborasi antara Scarlett Whitening dengan sejumlah influencer mampu menambah daya tarik pembelian. Selain itu keterlibatan pelanggan lain dapat menambah informasi yang dibutuhkan oleh calon konsumen, dan juga terdapat pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian hal ini dibuktikan bahwa konsumen menceritakan hal positif tentang produk Scarlett Whitening dan merekomendasikan produk favorit mereka kepada orang lain setelah merasakan manfaatnya. Serta pengaruh secara simultan antara social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat diartikan bahwa social media marketing dan word of mouth secara umum mempengaruhi variabel keputusan pembelian, dan hipotesis ketiga diterima. Penelitian ini dapat memberikan masukan yang dapat ditingkatkan oleh Scarlett Whitening, untuk memperkuat masing-masing variabel. Penelitian ini juga memiliki saran dan rekomendasi untuk peneliti selanjutnya, supaya menghasilkan penelitian yang lebih baik.