• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Nearpod Berbasis Problem Based Learning dan Efektivitasnya terhadap Metakognitif Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Gesty Rialita Utami.pdf (0bytes)
    Date
    2023-07-03
    Author
    UTAMI, Gesty Rialita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi informasi dan komunikasi merupakan bagian tantangan pada era globalisasi dan informasi yang harus dimanfaatkan sebagai peluang guna meningkatkan proses pembelajaran. Media Nearpod cocok digunakan untuk membantu pendidik dalam mengkomunikasikan pembelajaran sejarah karena fitur-fiturnya yang menarik yang mencakup dari isi materi, audio-visual (video), dan fitur kuis untuk melatih kemampuan pemahaman dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang tervalidasi berupa media Nearpod dan mengetahui keefektivitasannya terhadap metakognitif peserta didik. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli media mendapatkan nilai mean 3,6, hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai mean 3,67, hasil validasi ahli bahasa mendapatkan nilai mean 3,6. Validasi tersebut teramasuk dalam kategori “sangat baik”. Pada uji pengguna pendidik diperoleh nilai mean 3,63. Hasil uji pengguna kepada empat peserta didik, mendapat nilai mean 3,65. Apabila disesuaikan dengan tabel kelayakan produk, maka media Nearpod yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Efektivitas yang diukur dengan rumus efektivitas relatif mencapai nilai efektivitas yang tinggi dengan hasil efektivitas pada kelompok kecil sebesar 0,99 dan efektivitas pada kelompok besar sebesar 0,99. Kesimpulan dalam penelitian bahwa pembelajaran menggunakan media Nearpod memberikan pengaruh yang besar dalam penerapannya dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 5 Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119546
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository