dc.contributor.author | UTAMI, Gesty Rialita | |
dc.date.accessioned | 2024-01-19T02:45:05Z | |
dc.date.available | 2024-01-19T02:45:05Z | |
dc.date.issued | 2023-07-03 | |
dc.identifier.nim | 190210302039 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119546 | |
dc.description.abstract | Teknologi informasi dan komunikasi merupakan bagian tantangan pada era globalisasi dan informasi yang harus dimanfaatkan sebagai peluang guna meningkatkan proses pembelajaran. Media Nearpod cocok digunakan untuk membantu pendidik dalam mengkomunikasikan pembelajaran sejarah karena fitur-fiturnya yang menarik yang mencakup dari isi materi, audio-visual (video), dan fitur kuis untuk melatih kemampuan pemahaman dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang tervalidasi berupa media Nearpod dan mengetahui keefektivitasannya terhadap metakognitif peserta didik. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli media mendapatkan nilai mean 3,6, hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai mean 3,67, hasil validasi ahli bahasa mendapatkan nilai mean 3,6. Validasi tersebut teramasuk dalam kategori “sangat baik”. Pada uji pengguna pendidik diperoleh nilai mean 3,63. Hasil uji pengguna kepada empat peserta didik, mendapat nilai mean 3,65. Apabila disesuaikan dengan tabel kelayakan produk, maka media Nearpod yang dikembangkan masuk ke dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Efektivitas yang diukur dengan rumus efektivitas relatif mencapai nilai efektivitas yang tinggi dengan hasil efektivitas pada kelompok kecil sebesar 0,99 dan efektivitas pada kelompok besar sebesar 0,99. Kesimpulan dalam penelitian bahwa pembelajaran menggunakan media Nearpod memberikan pengaruh yang besar dalam penerapannya dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 5 Jember. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | NEARPOD | en_US |
dc.subject | MODEL ADDIE | en_US |
dc.subject | METAKOGNITIF | en_US |
dc.subject | PENGEMBANGAN MEDIA | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Nearpod Berbasis Problem Based Learning dan Efektivitasnya terhadap Metakognitif Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_4 | en_US |
dc.identifier.finalization | 9e233c2f-2024-01-19_ida | en_US |