dc.contributor.author | NANDA, Achmad Agung Tri | |
dc.date.accessioned | 2024-01-18T04:29:32Z | |
dc.date.available | 2024-01-18T04:29:32Z | |
dc.date.issued | 2023-03-20 | |
dc.identifier.nim | 190210102049 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119525 | |
dc.description.abstract | Pendidikan di Indonesia sering melakukan pembaharuan dengan tujuan meningkatkan kualitas mutu pendidikan Nasional. Bukti dari pembaharuan tersebut salah satunya adalah pembaharuan kurikulum, peningkatan manajemen, dan pembangunan sarana prasarana yang selaras dengan tantangan pendidikan abad 21. Tantangan pendidikan abad 21 menekankan pada keterkaitan TIK, konstruktivisme, keterampilan berpikir, dan pemecahan masalah. Dengan adanya keterkaitan TIK dalam pendidikan menyebabkan peralihan media evaluasi pembelajaran Paper Based Test (PBT) menjadi Computer Based Test (CBT). CBT mampu menampilkan soal ujian secara acak disertai timer sehingga siswa terpacu untuk mengerjakan soal dengan tepat dan tangkas. Kemampuan siswa saat mengerjakan soal ujian terutama materi rangkaian AC dilihat dari hasil belajar siswa masih tergolong materi sulit, karena memerlukan rentetan dan matematis yang rumit. Berdasarkan permasalahan tersebut, siswa memerlukan solusi alternatif yang mudah dipahami dan efisien terhadap waktu yaitu penggunaan teorema Phytagoras sehingga mampu meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar menggunakan teorema Phytagoras dan kemampuan problem solving siswa dalam menyelesaikan soal rangkaian AC.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Pemilihan tempat penelitian dan kelas sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga penelitian ini dilaksanakan di kelas MIPA 5 SMA Negeri 1 Jember pada tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil. Pengumpulan data hasil belajar berupa pretest dan posttest, serta data kemampuan problem solving menggunakan soal uraian. Hasil belajar dianalisis menggunakan uji N-gain dan kemampuan problem solving dianalisis menggunakan indikator IDEAL (Identify problem, Define goal, Explore possible strategies, Anticipate outcomes and act, dan Look back and learn).
Hasil penelitian hasil belajar kognitif siswa menunjukan adanya selisih antara rata-rata pretest dan posttest. Hasil pretest dan posttest siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 44,64 dan 84,29. Hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji N-gain didapatkan sebesar 0,71 dengan kriteria peningkatan tinggi. Hasil penelitian kemampuan problem solving siswa pada saat mengerjakan soal uraian rangkaian AC menunjukan persentase seluruh indikator problem solving IDEAL dalam kriteria tinggi, yaitu: 95%, 88%, 90%, 90%, dan 82%.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan teorema Phytagoras dalam menyelesaikan soal CBT rangkaian AC menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan kriteria tinggi. Penelitian ini juga menunjukan bahwa kemampuan problem solving SMA Negeri 1 Jember pada penyelesaian soal rangkaian AC termasuk kriteria tinggi pada seluruh indikator IDEAL (Identify problem, Define goal, Explore possible strategie, Anticipate outcomes and act, dan look back and learn). | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Phytagoras | en_US |
dc.subject | Kemampuan Problem Solving | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Siswa SMA | en_US |
dc.subject | Fisika | en_US |
dc.subject | Rangkaian Arus Bolak Balik (AC) | en_US |
dc.subject | Menyelesaikan | en_US |
dc.subject | Soal Fisika | en_US |
dc.subject | Soal Computer Based Test | en_US |
dc.subject | Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Rangkaian RLC seri | en_US |
dc.subject | Rangkaian RLC | en_US |
dc.subject | Problem Solving IDEAL | en_US |
dc.subject | Teorema | en_US |
dc.subject | PBL | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.subject | Siswa | en_US |
dc.subject | SMA | en_US |
dc.subject | Kelas Xll IPA | en_US |
dc.subject | Problem Solving | en_US |
dc.subject | Kognitif | en_US |
dc.subject | Peristiwa Fisika di kehidupan nyata | en_US |
dc.subject | Triple Phytagoras | en_US |
dc.subject | Impedansi | en_US |
dc.title | Implementasi Teorema Phytagoras dalam Menyelesaikan Soal Rangkaian AC Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Problem Solving Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Bambang Supriadi, M.Sc. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |