Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VI di SDN Antirogo 04 Jember
Abstract
Motivasi belajar merupakan dorongan yang diberikan kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar. Hal ini dibutuhkan siswa dikarenakan emosi siswa yang terkadang belum stabil untuk menghadapi permasalahan pada pengerjaan soal pada materi Bilangan Pecahan yang terlihat sulit. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pada pelajaran Matematika materi Bilangan Pecahan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Antirogo 04 dengan menggunakan instrumen berupa angket dan soal tes yang dianalisis menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil menunjukkan perolehan rhitung yaitu 0,749 pada signifikansi 0,05 dengan db = 38 adalah = 0,312. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabel yakni (0,749 > 0,312) dengan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 56%. Oleh karena itu ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika materi Bilangan Pecahan