Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong Probolinggo melalui Prosedur PjBL yang Dikemas pada Nearpod
Abstract
Di kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong ditemukan permasalahan
terkait penulisan teks deskripsi. Teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII K
berupa poin-poin bukan teks deskripsi, sebagian siswa juga menulis satu kalimat
panjang dan penulisannya menyerupai penulisan paragraf, dan satu siswa
mengumpulkan teks cerita atau teks narasi bukan teks deskripsi. Oleh karena itu,
teks deskripsi yang ditulis siswa belum bisa disebut teks deskripsi karena tidak
sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi. Tindakan yang dapat
dilakukan ialah menerapkan prosedur pembelajaran PjBL (Project Base Learning)
yang dikemas pada Nearpod.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah
pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas
VII MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang
dikemas pada Nearpod? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah dilakukan
pembelajaran melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod?
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses serta peningkatan
keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan
Genggong setelah diterapkan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan prosedur
PjBL yang dikemas pada Nearpod. Dengan demikian, jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkiblat pada model PTK Kurt Lewin.
Pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi
siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran
PjBL yang dikemas pada Nearpod berhasil meningkatkan keterampilan menulis
teks deskripsi siswa. Hal ini diketahui dari teks deskripsi yang ditulis siswa semakin
baik, nilai rata-rata siswa, dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga
semakin meningkat. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa yaitu 53 dengan
ketuntasan belajar 38% meningkat menjadi 62 dengan ketuntasan belajar secara
klasikal sebesar 57,1% pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi
78,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91%. Berdasarkan hasil
tersebut dapat dikatakan bahwa prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada
Nearpod dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII
K MTs Zainul Hasan Genggong.
Adapun saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini untuk guru
Bahasa Indonesia agar dapat menerapkan prosedur pembelajaran PjBL dan
Nearpod tidak hanya di kelas VII K melainkan diterapkan juga di kelas lainnya.
Bagi pimpinan lembaga pendidikan beserta wakilnya, hasil penelitian ini sebaiknya
dipertimbangkan untuk dijadikan evaluasi dalam upaya perbaikan serta
peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Sementara itu, peneliti selanjutnya
hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan
penelitian yang relevan dengan penelitian ini dan/ menyempurnakan penelitian ini
dengan memberikan pembaruan pada penelitian yang relevan dengan penelitian ini.