• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong Probolinggo melalui Prosedur PjBL yang Dikemas pada Nearpod

    Thumbnail
    View/Open
    IKA NUR QOMARIYAH HASANAH_190210402034_SKRIPSI REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER.pdf (894.5Kb)
    Date
    2023-10-23
    Author
    HASANAH, Ika Nur Qomariyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong ditemukan permasalahan terkait penulisan teks deskripsi. Teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII K berupa poin-poin bukan teks deskripsi, sebagian siswa juga menulis satu kalimat panjang dan penulisannya menyerupai penulisan paragraf, dan satu siswa mengumpulkan teks cerita atau teks narasi bukan teks deskripsi. Oleh karena itu, teks deskripsi yang ditulis siswa belum bisa disebut teks deskripsi karena tidak sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi. Tindakan yang dapat dilakukan ialah menerapkan prosedur pembelajaran PjBL (Project Base Learning) yang dikemas pada Nearpod. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah dilakukan pembelajaran melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses serta peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah diterapkan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan prosedur PjBL yang dikemas pada Nearpod. Dengan demikian, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkiblat pada model PTK Kurt Lewin. Pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini diketahui dari teks deskripsi yang ditulis siswa semakin baik, nilai rata-rata siswa, dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga semakin meningkat. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa yaitu 53 dengan ketuntasan belajar 38% meningkat menjadi 62 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57,1% pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong. Adapun saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini untuk guru Bahasa Indonesia agar dapat menerapkan prosedur pembelajaran PjBL dan Nearpod tidak hanya di kelas VII K melainkan diterapkan juga di kelas lainnya. Bagi pimpinan lembaga pendidikan beserta wakilnya, hasil penelitian ini sebaiknya dipertimbangkan untuk dijadikan evaluasi dalam upaya perbaikan serta peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Sementara itu, peneliti selanjutnya hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang relevan dengan penelitian ini dan/ menyempurnakan penelitian ini dengan memberikan pembaruan pada penelitian yang relevan dengan penelitian ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119457
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository